Belajar Wacana Sesibuk Apapun Kita, Sempatkanlah Menunaikan Ibadah Shalat

Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ ا...

A+ A-
Oleh Himler Usman


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ



بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. dan kebaikan apa saja yang kau usahakan bagi dirimu, tentu kau akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. gotong royong Allah maha melihat apa-apa yang kau kerjakan" (Qs Al Baqarah : 110 )

Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

Perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan shalat, dan bersabarlah kau dalam mengerjakannya” ( QS. Thaahaa: 132 )

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba- hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan di antara kelima shalat tersebut alasannya yaitu meremehkan keberadaannya maka ia mendapat komitmen dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya komitmen dari sisi Allah, jikalau Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jikalau Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.” (HR. Abu Dawud)

Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Ibadah Shalat merupakan rukun Islam yang kedua dari lima rukun Islam. Shalat hukumnya wajib bagi Ummat Islam yg sudah baligh.

Wajib artinya apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan berdosa. Seseorang yang melakukan ibadah shalat berarti beliau menegakan rukun islam. dalam hadits dikatakan bahwa shalat merupakan tiangnya agama dan ibadah yang lebih dahulu diperhitungkan sehabis insan mati yaitu ibadah shalat.

Sesibuk apapun, sempatkan ibadah. Tunaikan shalat lima waktu sebagai ciri khas orang beriman (Muslim).

Kesibukan bekerja hakikatnya utk mencari nafkah atau harta guna memenuhi kebutuhan hidup. 

Namun, jangan lupa, Allah-lah Yang Maha Pemberi Rezeki dan Maha Pemenuh Kebutuhan kita.

Karenanya, bekerja hanyalah "sarana" (wasilah) untuk mendapat rezeki. Hakikatnya, rezeki itu tiba dari Allah Subhanahu wa Ta'aalaa.

Orang yang tidak sempat beribadah dengan alasan sibuk (tidak ada waktu/tidak sempat), justru memperlihatkan kebutuhannya tidak terpenuhi oleh Allah Subhanahu wa Ta'aalaa. Maka, semoga kebutuhan hidup terpenuhi, hati tenang, rezeki melimpah, laksanakan ibadah selain bekerja.


Dua hadits shahih berikut ini semoga memotivasi kita untuk tetap menyempatkan diri beribadah, sesibuk apa pun acara kita.


"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya : “Wahai anak Adam, beribadahlah sepenuhnya kepada- Ku, pasti Aku penuhi (hatimu yang ada) di dalam dada dengan kekayaan dan Aku penuhi kebutuhanmu. Jika tidak kalian lakukan, pasti Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan dan tidak Aku penuhi kebutuhanmu (kepada manusia)." 
(HR. Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

“Wahai ananda, saya ajarkan kepadamu pelajaran, (yaitu) Jagalah Allah, pasti Dia akan menjagamu, jagalah Allah pasti Dia akan selalu berada dihadapanmu. Jika kau meminta, mintalah kepada Allah, jikalau kau memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. 

Ketahuilah gotong royong jikalau satu umat berkumpul untuk meminta manfaat sesuatu kepadamu, mereka tidak akan sanggup menawarkan manfaat sedikitpun kecuali apa yang telah Allah memutuskan bagimu, dan jikalau mereka berkumpul untuk mencelakakanmu, pasti mereka tidak akan mencelakakanmu kecuali tragedi alam yang telah Allah memutuskan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering.” (HR. Turmudzi)

Demikianlah, semoga ada manfa'atnya bagi kita, dan kita termasuk hamba Allah yang mendirikan shalat dengan baik dan benar demi menggapai rahmat dan ridha-Nya. Aamiin...









Related

Siraman Rohani 2902181376608994244

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item