Belajar Ihwal Tujuh Amalan Menuju Rezeki Yang Berkah Berlipat

Oleh Himler Usman السلام عليكم ورحمة الله وَبَرَكَاتهُ  بِسۡـــــــــمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡـمَـٰنِ ٱلرَّحِـــــــيمِ Allah subhanahu w...

A+ A-
Oleh Himler Usman

السلام عليكم ورحمة الله وَبَرَكَاتهُ 
بِسۡـــــــــمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡـمَـٰنِ ٱلرَّحِـــــــيمِ

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِن 
شُرَكَائِكُم مَّن يَفْعَلُ مِن ذَلِكُم مِّن شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى 
عَمَّا يُشْرِكُونَ

Allah-lah yang membuat kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kau sekutukan dengan Allah itu yang sanggup berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan."(QS.Ar Rum ( 30 ) : 40)

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَاءُ وَيَقْدِرُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ 
النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan insan tidak mengetahui".(QS.Saba ( 34 ) : 36)

Allah Subhanahu wa Ta’aalaa juga berfirman yang artinya :

Jikalau Sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…” (QS. Al-A’raf: 96)

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

"Sesungguhnya Allah Maha Luas karunianya lagi Maha Tinggi akan menguji setiap hambaNya dengan rezekiNya. Siapa saja yang ridha dengan pembagian Allah Subhanahu wa Ta'aalaa, maka Allah akan memberkahi dan melapangkan rezeki tersebut untuknya. (H.R.Ahmad).

Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Apa itu rezeki yang berkah? 

Rezeki yang memberi kemanfaatan yang terus berkembang, bertambah-tambah dan memberi kebahagiaan. 
Tanda umum rezeki yang berkah pun sanggup dilihat di sini. 

Amal saleh sanggup menjadi salah satu jalan menuju keberkahan rezeki.

Apa saja amal saleh yang harus dilakukan untuk menuju rezeki berkah yang berlipat ganda?

Amal saleh menuju rezeki berkah berlipat

PERTAMA, Mensyukuri segala nikmat

"Sesungguhnya kalau kau bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan kalau kau mengingkari (nikmat-Ku) maka bahwasanya azabKu sangat pedih (Q.S.17: 31).

Mengapa orang yang mensyukuri nikmat rezekinya berlipat? Karena orang yang bersyukur tahu bagaimana berterima kasih pada Sang Pemberi Rezeki, tahu bagaimana memanfaatkan rezekinya untuk kemaslahatan diri, keluarga dan umat manusia.

Tahukah anda bahwa mensyukuri rezeki itu sanggup membuat hati jadi lapang? 
Praktekkanlah rasa syukur itu, lantaran rasa syukur yang dirasakan setiap hari terbukti sanggup menarik rezeki, menyerupai halnya sebuah magnet rezeki yang menarik rezeki yang ada di sekitarnya.

Perhatikanlah sekitar anda, banyak instruksi asing yang patut disyukuri untuk menarik rezeki mendatangi kita. 
Memiliki hati yang penuh syukur juga ialah salah satu dari 21 tips menuju hidup sukses dan banyak rezeki dan 5 cara meraih rezeki dan keberuntungan serta salah satu dari 3 harta paling berharga yang kita miliki.

Jadilah orang yang bersyukur lantaran rasa syukur itu membuat kita gampang rezeki. Untuk mengetahui apakah kita orang yang bersyukuri bacalah ciri-ciri orang yang bersyukur.

KEDUA, Membayar zakat, infaq dan sedekah

" Tiada pagi hari itu berlalu melainkan ada dua malaikat yang turun, kemudian salah satunya berkata (berdoa), "Ya Allah berilah pengganti pada orang yang berinfak, sedangkan yang lain berdoa, Ya Allah timpakanlah pada orang yang kikir (tidak berinfak) kehancuran. (Hadits).

Sedekah itu penderas rezeki, meskipun hanya sekedar beberapa biji rambutan akan membawa rezeki atau sedekah bacaan Alfatihah untuk orang renta yang sanggup membuka rezeki, bahkan isteri yg kaya pun sanggup mensedekahi suaminya yang miskin. 
Intinya bukan kepada siapa kita bersedekah tapi bagaimana suasana hati kita dikala bersedekah.

Pernahkah anda memperhatikan bagaimana rezeki orang yang dermawan, terus bertambah bukan? Jangan pernah enggan menyebarkan rezeki, lantaran enggan menyebarkan rezeki sama saja dengan berbuat zalim. Hiasi hidup anda dengan perbuatan baik, lantaran orang baik rezekinya juga baik.

Membiasakan diri sedekah itu salah satu dari 5 pendobrak pintu rezeki. Karenanya jangan enggan menyebarkan rezeki kadang kala jawaban Allah tidak menunggu lama.

KETIGA, Bekerja mencari rezeki dengan hati yang qana'ah

Bekerja qana'ah ialah bekerja secara profesional dan tidak dibutakan ambisi yang berlebihan serta tidak dimotivasi keserakahan sehingga menghalalkan segala cara. "Sesungguhnya Allah Maha Luas karunianya lagi Maha Tinggi akan menguji setiap hambaNya dengan rezekiNya. Siapa saja yang ridha dengan pembagian Allah Subhanahu wa Ta'aalaa, maka Allah akan memberkahi dan melapangkan rezeki tersebut untuknya. (H.R.Ahmad).

Rezeki itu tidak perlu dikejar mati-matian lantaran Allah sudah memilih cuilan rezeki kita masing-masing. Banyak orang yang gajinya kecil tetapi rezekinya besar, lantaran rezeki itu tidak melulu berupa uang.

Meskipun Allah sudah memilih cuilan rezeki kita masing-masing, tapi tidak berarti kita hanya membisu tidak berusaha. Usaha diharapkan untuk mendapat rezeki yang berkah akhirnya Allah menyuruh kita untuk bertebaran di muka bumi mencari rezekinya. Burung pun harus keluar dari sarang untuk mencari makanannya di ranting pohon bukan?

Jadikan kerja itu sebagai ibadah. Jihad seorang profesional ialah dengan mengusung tinggi kejujuran dan integritasnya sebagai muslim yang bermanfaat.

KEEMPAT, Taubat dari segala perbuatan dosa

Dan (Hud berkata), "Hai kaumku beristighfarlah kepada Rabbmu kemudian bertaubatlah kepadaNya, pasti Dia menurunkan atasmu hujan yang sangat deras, dan Dia akan menambahkan kekuatan pada kekuatanmu dan janganlah kau berpaling dengan berbuat dosa" (Q.S.11 : 52).

Taubat ialah pengukuhan kesalahan kepada Allah Azza Wajalla dan permohonan ampun dan belas kasihNya atas kesalahan yang telah diperbuat.

Dosa ialah penghalang masuknya rezeki. Karena itu sebelum penghalang ini disingkirkan maka rezeki kita terus menerus akan terhambat. Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan di muka bumi, termasuk orang yang banyak dosa.

Lakukan segera pertobatan yang betul-betul dari hati untuk memperoleh rezeki yang lancar kembali, sebelum tiba hari dimana rezeki terputus lantaran kematian telah tiba.

KELIMA, Menyambung tali silaturahmi

"Siapa saja yang senang untuk dilapangkan (atau diberkahi)rezekinya atau ditunda (dipanjangkan) umurnya, maka hendaklah ia bersilaturrahim (Hadits).

Kita banyak bersentuhan dengan orang di sekitar kita, kadang kala terjadi ukiran yang mengakibatkan orang lain terluka atas perbuatan kita. Maaf akan menyembuhkan hati yang terluka ini dan silaturahmi akan menyambung kembali jalinan pertemanan yang terputus. Rezeki kita sanggup tiba darimana saja termasuk dari orang lain bukan?

KEENAM, Mencari rezeki dari jalan yang halal

"Janganlah kau merasa bahwa rezekimu datangnya terlambat. Karena bahwasanya tidaklah seorang hamba akan meninggal, sampai telah tiba padanya rezeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya." Maka tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram" (Hadits Riwayat Abdurrazaq Ibnu Hibban dan Al Hakim).

Carilah rezeki yang halal meskipun hanya setetes, lantaran setetes rezeki yang halal itu jauh lebih baik dibanding segentong rezeki yang diperoleh dengan jalan haram. Rezeki dari sumber yang haram membuat rezeki itu tidak berkah, tidak bermanfaat meskipun jumlahnya banyak.

KETUJUH, Bekerja di waktu pagi

"Yaa Allah berkahilah umatku di waktu pagi mereka (H.R. Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasai, Ibn Majah).

Pernah dengar istilah telat berdiri pagi, rezeki dipatok ayam? 
Mungkin anda menganggap hal ini lucu, kalo benar adanya mengapa sampe kini belum ada ayam yang kaya?

Itu hanya anekdot yang dibentuk biar kita insan yang punya nalar lebih baik dari seekor ayam menjiplak atau tepatnya aib sama hewan ini, yang apapun terjadi selalu berdiri pagi, berkokok menyambut datangnya sang mentari.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan kita berpagi-pagi untuk mencari rezeki lantaran pagi hari ialah waktu yang diberkahi. Itulah sebabnya mengapa kita diperintahkan melakukan shalat dhuha begitu matahari memunculkan diri. Malas berdiri pagi juga salah satu dari 4 hal yang memandekkan rezeki.

Itulah 7 amalan yang sanggup dilakukan menuju rezeki yang berkah berlipat ganda. 
Semoga kita semua sanggup mengamalkannya dan memperoleh rezeki yang banyak dari segi jumlah, berkah dan bermanfaat dalam rahmah dan ridha Allah Ta'aalaa. Aamiin....






Related

Siraman Rohani 2014114873486602488

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item