Belajar Wacana Lima Amalan Supaya Hidup Lebih Istiqamah

 Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqamah  Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ  ِسْــــ...

A+ A-
 Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqamah 

Oleh Himler Usman




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ 
ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ.



Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :

*Maka berpegang teguhlah kau kepada agama yang telah diwahyukan kepadamu. Sesungguhnya kau berada di atas jalan yang lurus.* (QS.Az Zukhruff : 43 )


Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :

” ....Siapa saja yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka bekerjsama ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (QS. 3 : 101)


Allah Subhanahu wa ta'aalaa juga berfirman yang artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kau merasa takut dan janganlah kau merasa sedih; dan bergembiralah kau dengan (memperoleh) nirwana yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. 41 : 30)


Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda yang artinya :

" Berbuat sesuatu yang sempurna dan benarlah kalian (maksudnya; istiqamahlah dalam amal dan berkatalah yang benar/jujur) dan mendekatlah kalian (mendekati amalan istiqamah dalam amal dan jujur dalam berkata). Dan ketahuilah, bahwa siapapun diantara kalian tidak akan sanggup masuk nirwana dengan amalnya. Dan amalan yang paling dicintai Allah yaitu amalan yang langgeng (terus menerus) meskipun sedikit." (HR. Bukhari)


Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Kehidupan dunia sejatinya yaitu ujian untuk manusia. Setiap waktu kita dihadapkan dengan banyak sekali persoalan sebagai bentuk ujian pada keimanan. Tidak hanya rasa sedih, kebahagiaan juga yaitu bentuk ujian untuk manusia.

Apakah insan bakal bertambah patuh? atau ujian itu malah bikin orang terjerumus untuk lakukan maksiat. Tersebut sebabnya kaum muslim mesti selalu istiqomah atau teguh pendirian.

Sikap ini mencakup proses semuanya bentuk ketaatan pada Allah lahir serta batin, dan meninggalkan semuanya bentuk larangan-Nya. Lantas bagaimana langkahnya semoga jadi insan yang istiqomah?

1. Shalat Lima Waktu

Amalan pertama yang bikin hidup lebih istiqomah yaitu dengan melaksanakan shalat lima saat. Seperti yang diketahui kalau shalat yaitu ibadah yang mempunyai aturan harus untuk setiap muslim untuk melakukannya. Bahkan juga dalam keadaan sakit serta dalam perjalanan atau sesibuk apa pun kita tetaplah mesti shalat lima waktu.


Kenapa shalat begitu utama dalam aliran Islam? 

Hal tersebut lantaran Allah akan tidak mewajibkan satu hal terkecuali yangg menghadirkan kebaikan untuk umatnya. Ada ilustrasi menarik yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam wacana shalat.


Beliau bersabda, “Bagaimana pendapat kalian kalau di depan pintu seseorang dari kalian ada satu sungai. Sehari-hari ia mandi lima kali di dalamnya. Apakah masihlah ada kotoran yang melekat di badannya? Mereka menjawab, “Tidak ada! ” Rasulullah bersabda, “Itulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapus semuanya kesalahan. ” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari ilustrasi di atas, sanggup ditarik kesimpulan kalau jikalau dalam satu hari semalam kita selalu melaksanakan shalat lima ketika tanpa ada bolong-bolong jadi tubuh kita bakal bersih, wangi serta sehat. Hal ini bakal memberi keyakinan diri serta bikin hidup jadi lebih istiqamah.

Dengan selalu melaksanakan shalat jadi kita bakal mencar ilmu untuk bikin satu rencana ketika yang baik, kebiasaan yang positif, serta menghindari diri utk lakukan perbuatan yg bakal merugikan sendiri maupun orang lain.

2. Membaca Al-Qur’an

Amalan yang kedua yaitu dengan selalu membaca Al-Qur’an. Mungkin saja tampak simpel, walau demikian jikalau amalan ini dikerjakan dengan kesungguhan hati jadi bakal menjadikan banyak kebaikan untuk mereka yang mengamalkannnya.


Dengan membaca Al-Qur’an bakal menghindarikan diri kita dari kejahilan serta nantinya. Orang yang suka membaca Al-Qur’an bakal mempunyai kehidupan yang mengagumkan. Tidak hanya bakal selalu bertahan dengan cara pribadi, akan tetapi mereka juga begitu berkontribusi besar untuk kehidupan umat Islam yg bersifat duniawi
.
Bila diingat, saintis Muslmi terdahulu nyaris semua hafal Al-Qur’an. Katakanlah ibarat Ibn Sina, Fakhrudin Ar-Razi, Ibn Khaldun serta lain sebagainya. Itu bermakna kalau rutinitas ini terkecuali bernilai beribadah akan bikin diri jadi jago oleh akibatnya bangunlah kebiasaan membaca Al-Qur’an tiap-tiap harianya semoga kehidupan kita jadi tambah baik dunia-akhirat.


3. Silaturrahim

Amalan sesudah itu yakni melaksanakan silaturahim. Hal ini begitu utama, lantaran di jaman yang serba mutakhir ini kita memerlukan jalinan yang baik dengan adanya banyak orang. Tidak hanya itu, dengan bersilaturahim juga baik untuk kehidupan darul abadi nantinya. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda :

Siapa saja yang suka untuk dilapangkan rizkinya serta diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), jadi sebaiknya ia menyambung (tali) silaturahim. ” (HR Bukhari).


Dengan menggerakkan perintah bersilaturahim ini makan sanggup bikin kehidupan insan jadi lebih dinamis, progresif serta sudah niscaya mempunyai kegunaan untuk sesama. Oleh karenanya, awalilah jalin silaturahim dengan sesama.

4. Sedekah

Sedekah juga jadi amalan yang sanggup bikin hidup jadi lebih istiqomah. Orang yang telah berhasil, niscaya rasakan benar faedah dari sedekah yang dikerjakan, Bila narasi Muhammad Assad, hidupnya makin tambah baik semenjak dirinya selalu bersedekah. Makara rangkuman ia satu, “Sedekah Membawa Berkah”.


Walau demikian, janganlah cemas bila mempunyai ekonomi yang masihlah pas-pasan. Kita tetaplah sanggup bersedekah, lantaran amalan ini tidak hanya dikerjakan dengan duit. Kita sanggup membantu rekan yang tengah kesulitan, senyum pada sesama serta lain sebagainya.

5. Tahajjud

Amalan paling final yang bikin hidup lebih istiqomah yaitu melaksanakan tahajud. Seperti yang di ketahui bahwa terkecuali bakal mengangkat derajat kita di segi Allah Subhanahu wa Ta'aalaa, dengan melaksakan shalat tahajud juga potensi doa kita bakal didengar oleh Allah. Bukan sekedar itu, proses shalat tahajud mengharuskan kita mengatur diri sedemikian rupa.


Di luar itu, tahajud sanggup juga meningkatkan yakin diri seorang. Sebab ketika melaksanakan shalat tahajud begitu tenang, telah begitu steril, hingga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan fisik manusia.

Sekianlah klarifikasi wacana lima amalan yang sanggup bikin hidup lebih istiqamah. Tidak hanya itu terkecuali bernilai pahala, dengan mengamalkan hal itu dengan baik sehari-harinya bakal bikin jiwa serta raga kita selalu hidup serta selalu menyala. Menghilangkan perasaan bimbang serta abjad negatif yang lain hingga bikin kita sanggup teguh pendirian dalam aliran Islam
Semoga kita termasuk hamba Allah dianugerahi istiqamah utk menjalankan ajaran-Nya dan Rasul-Nya dalam rahmah dan ridha-Nya. Aamiin..

Related

Siraman Rohani 7514538202501461640

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item