Belajar Perihal Pentingnya Menjaga Ekspresi Dalam Fatwa Islam ( Bab Pertama)

Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ. ...

A+ A-
Oleh Himler Usman


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ
ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ.


Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :
Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.” (QS.Qaaf :18)

Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :

"Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kau yg suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kau merasa jijik kepadanya."(QS.Al Hujurat 49).

Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :
Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yg benar.” (QS.Al-Ahzab : 70)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya :

Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar (baik atau buruk), hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam jg bersabda yang artinya :

Janganlah memperbanyak pembicaraan selain dzikrullah Karena banyak bicara selain dzikrullah akan menciptakan hati menjadi keras. Sesungguhnya insan yang paling jauh dari Allah ialah (yang memiliki) hati yang keras keras.” (HR. At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi )

Sahabat-sahabatku yg dirahmati Allah

Pentingnya Menjaga Lisan Karena Setiap Ucapan Akan Masuk Kedalam Catatan Amal
Alhamdulillah pada kesempatan ini ana akan memberikan kultum perihal “Pentingnya menjaga lisan”

Perlu kita ingat sahabat sebetulnya setiap ucapan akan masuk dalam catatan amal, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman, (artinya) :“Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf : 18)

Ucapan yang dimaksudkan dalam ayat ini ialah yang diucapkan oleh manusia, keturunan Adam. Ucapan tersebut dicatat oleh Malaikat yang sifatnya Raqib dan ‘Atid yaitu senantiasa bersahabat dan tidak pernah lepas dari seorang hamba. Malaikat tersebut tidak akan membiarkan satu kalimat dan satu gerakan melainkan ia akan mencatatnya.

Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala (artinya) :

“Padahal sebetulnya bagi kau ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu), mereka mengetahui apa yang kau kerjakan.” (QS. Al Infithar : 10-12)

Sahabatku fillah, 

Allah mengkaruniakan kita sebuah lidah, selain sebagai indera perasa dan yang utama ialah untuk berkata, menyerupai yang kita ketahui bahwa pengecap memang tidak bertulang sekali kita gerakkan sulit untuk kembali pada posisi semula. 

Demikian berbahayanya lisan, sampai Allah dan Rasul- Nya mengingatkan kita biar berhati-hati dalam menggunakannya.

An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Ketahuilah, setiap orang harus menjaga lisannya dari seluruh perkataan, kecuali ucapan yang terang manfaatnya. Apabila belum terang manfaatnya, maka ditekankan baginya biar lebih menentukan diam. Sebab ucapan yg mubah itu sanggup menyeret kepada yg haram dan makruh.

Bahkan kenyataan menyerupai ini sangat banyak dan sering terjadi. Sedangkan keselamatan tidak sanggup dinilai dengan apapun.”

Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan, “Jika seseorang hendak berbicara, maka hendaklah ia berfikir terlebih dahulu. Jika ia yakin bahwa ucapan itu tidak merugikannya, maka bicaralah. Jika ia yakin bahwa ucapan tersebut mengandung muhdharat atau ia masih ragu-ragu, maka hendaklah ia menahan (lisannya)”

Allah Subhanahu wa ta'ala telah memerintahkan kita semua untuk berkata yang benar, menyerupai tertulis dalam firman-Nya (artinya) : “Wahai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.” (QS. Al-Ahzab : 70)

Sahabat Fillah, 

Allah telah memerintahkan kita untuk berkata benar itu artinya kita tidak boleh untuk menyampaikan perkataan yang tidak benar atau suatu kebohongan baik mengenai diri kita maupun orang lain lantaran kebohongan akan menjerat kita pada dosa berkelanjutan alasannya sekali kita berkata bohong kita akan menyampaikan kebohongan lainnya untuk terus berusaha menutupi kebohongan sebelumnya.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam bersabda (artinya) :

Sesungguhnya seorang hamba apabila berbicara dengan satu kalimat yang tidak benar (baik atau buruk), hal itu menggelincirkan dia ke dalam neraka yang lebih jauh antara timur dan barat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rasulullah pun mengingatkan kita untuk tidak banyak bicara lantaran hal itu akan menciptakan hati kita menjadi keras, sebagaimana Diriwayatkan dari Abdullah ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma ia berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (artinya):

Janganlah memperbanyak pembicaraan selain dzikrullah Karena banyak bicara selain dzikrullah akan menciptakan hati menjadi keras. Sesungguhnya insan yang paling jauh dari Allah ialah (yang memiliki) hati yang keras keras.” (HR At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi )

Sahabat Fillah, 

Dari sabda Rasulullah di atas selain melarang kita memperbanyak pembicaraan yang tidak bermanfaat, Rasulullah pun mengingatkan kita untuk selalu berdzikir mengingat Allah lantaran dengan banyak mengingat Allah kita akan terhindar dari sikap – sikap yang kurang manfaat menyerupai halnya yang banyak terjadi di sekitar kita

Kadang secara tidak sadar kita melontarkan kata-kata yang menyinggung atau menyakitkan hati orang lain serta pembicaraan – pembicaraan yang akibatnya menjurus pada Ghibah atau menyebutkan sesuatu yang terdapat pada diri seorang muslim, sedang ia tidak suka jikalau hal tersebut disebutkan. Baik mengenai jasmaninya, agamanya, kekayaannya, hatinya, akhlaknya, bentuk lahiriahnya dan sebagainya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman : "Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kau yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kau merasa jijik kepadanya."( QS. Al Hujurat 49).

Sahabat Fillah, 

Lidah ialah anggota tubuh yang benar-benar perlu untuk dijaga dan dikendalikan. Sesungguhnya pengecap ialah penerjemah hati dan pengungkap isi hati. Oleh lantaran itulah sesudah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan istiqomah. dia mewasiatkan untuk menjaga lisan.

Dan lurusnya pengecap itu berkaitan dengan kelurusan hati dan keimanan seseorang.

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (artinya) :

"Iman seorang hamba tidak akan istiqomah, sehingga hatinya istiqomah. Dan hati seorang hamba tidak akan istiqomah, sehingga lisannya istiqomah. Dan tidak akan masuk Surga seseorang yang tetangganya tidak kondusif dari kejahatan-kejahatannya” (HR.Ahmad,).

An-Nawawi rahimahullah mengatakan, “Ketahuilah, setiap orang harus menjaga lisannya dari seluruh perkataan, kecuali ucapan yang terang manfaatnya. 
Apabila belum terang manfaatnya, maka ditekankan baginya biar lbh menentukan diam.
Sebab ucapan yang mubah itu sanggup menyeret kepada yang haram dan makruh.
Bahkan kenyataan menyerupai ini sangat banyak dan sering terjadi. Sedangkan keselamatan tidak sanggup dinilai dengan apapun.” 

Intinya, penting sekali memperhatikan ekspresi sebelum berucap.

An-Nawawi rahimahullah menyampaikan.....( bersambung)

Semoga kita termasuk hamba Allah yg sanggup menjaga ekspresi atau ucapan sesuai ketentuan anutan agama Islam demi menggapai kasih sayang dan ridha-Nya

Related

Siraman Rohani 7479488301296544873

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item