Belajar Ihwal Meyakini Setiap Duduk Kasus Niscaya Ada Jalan Keluarnya, In Syaa Allah ** (Suatu Renungan Hidup)

Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــ...

A+ A-
Oleh Himler Usman






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ
ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ.

Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :

Siapa saja yang bertaqwa kepada Allah, pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. Ath-Thalaq: 2)

Dan, siapa saja yang bertaqwa kepada Allah pasti Allah akan menyebabkan baginya jalan akomodasi dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)

Dan siapa saja yang bertaqwa kepada Allah, pasti Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahalanya.” (QS.Ath-Thalaq: 5)

Allah Subhanahu wa ta'aalaa berfirman yang artinya :

Maka, sebetulnya bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda yang artinya :

"Sebaik-baik ibadah yaitu menunggu jalan keluar."(HR.Imam at-Turmudzi)

Sahabat-sahabatku yg dirahmati Allah

Ada saatnya untuk kita menunggu jalan keluar atas segala masalah yang kita hadapi. Tentunya menunggu jalan keluar di sini tidaklah hanya sekadar menunggu. Ketika kita mulai dihimpit masalah dan tak tahu apa yang harus dilakukan, maka kiprah kita yaitu menunggu jalan keluar dengan terus berikhtiar semaksimal mungkin.

Karena, bukankah Allah hanya akan mengubah takdir suatu kaum kalau kaum itu mau berusaha dan berubah? Makara mau tidak mau kita hrs berusaha juga, disamping itu kita jg harus mengharapkan ridho dan tunjangan dari Allah Subhanahu wa ta'aalaa.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Tirmidzi disebutkan: "Sebaik-baik ibadah yaitu menunggu jalan keluar."

Allah Subhanahu wa ta'aalaa telah berfirman dalam surat cinta-Nya: “Siapa saja yang bertaqwa kepada Allah, pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. Ath-Thalaq: 2)

Dan, siapa saja yang bertakwa kepada Allah, pasti Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahalanya.” (QS.Ath-Thalaq: 5)

Dan, siapa saja yang bertakwa kepada Allah pasti Allah akan menyebabkan baginya jalan akomodasi dalam urusannya.” (QS. Ath-Thalaq: 4)

Salah Seorang Penyair Berkata :

" Betapa banyak jalan keluar yang tiba sesudah rasa frustasi dan betapa banyak kegembiraan tiba sesudah kesusahan.

" Siapa yg berbaik sangka pada Pemilik 'Arasy ia akan memetik manisnya buah yang dipetik di tengah-tengah pohon berduri.

Dalam sebuah hadits Qudsi disebutkan: "Aku sesuai sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, maka ia bebas berprangsaka apa saja kepada-Ku."

Sudah seharusnya kita percaya dan yakin bahwa Allah akan senantiasa menunjukkan jalan keluar atas segala masalah yang tengah kita hadapi. Seperti yang telah Allah ungkapkan, kalau kita ingin jalan keluar dan akomodasi dalam masalah-masalah kita, maka sudah seharusnya kita bertakwa kepada-Nya.

Sebagai makhluk yg lemah, kiprah kita hanya terus meminta dan memohon kpd-Nya tanpa rasa lelah. Dia-lah yang akan mengatur hidup kita dengan sempurna, dan Dia pula yg akan menunjukkan jalan keluar atas masalah-masalah yang tengah kita hadapi.

Mari kita simak firman Allah yang satu ini:

Sehingga apabila para rasul tidak memiliki impian lagi ihwal keimanan mereka dan telah meyakini bahwa mereka telah didustakan, datanglah kepada para rasul itu pertolongan Kami, kemudian diselamatkanlah orang-orang yang Kami kehendaki.” (QS. Yusuf: 110)

Maka, sebetulnya bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Dalam sebuah hadits shahih disebutkan: “Ketahuilah bahwa pertolongan itu ada bersama dengan kesabaran dan jalan keluar itu akan selalu beriringan dengan cobaan.”

Seorang Penyair Berkata:

" Jika problem telah sangat sulit, tunggulah jalan keluarnya, alasannya yaitu ia akan segera menemukan jalan keluarnya.

" Banyak mata yang tetap melek dan banyak pula yang tidur dalam masalah yang mungkin terjadi atau tidak akan terjadi.

" Tinggalkanlah kesedihan sedapat yang engkau lakukan alasannya yaitu kalau engkau terus bersedih engkau akan bermetamorfosis gila.

" Sesungguhnya Rabb yang telah mencukupimu sebelumnya. Dia kan mencukupimu besok dan hari-hari mendatang

" Biarkanlah takdir berjalan dengan tali kekangnya dan janganlah engkau tidur kecuali dengan had yang bersih.

" Tak ada di antara kerdipan mata dan meleknya kecuali Allah kan mengubah dari kondisi ke kondisi lainnya.

Demikianlah uraian sederhana dan info pada hari ini dalam taushiyah pagi, agar bermanfaat dan kita tidak gampang frustasi setiap masalah yang menghampiri kita.

Sahabatku.....

Yakin dan percayalah bahwa masalah/musibah yang kita hadapi yaitu menunjukan bahwa Allah masih menyayangin dan menyayangi kita. Asalkan masalah/musibah yang kita alami bukan lantaran sesuatu yang disengaja tapi sesuatu yang tidak pernah kita prediksikan terlebih dahulu.

Semoga kita tetap menjadi langsung yang bijak dan langsung yang selalu menyikapi dengan aktual setiap kali ada permasalahan yang kita alami. 

Baik itu permasalahan besar atau kecil kita anggap semuanya saja, lantaran pertolongan Allah itu pasti ada dan amatlah besar. Selama hambah itu menjalankan dan menjauhi segala apa yang dihentikan Allah Subhanahu wa Ta'aalaa. Aamiin.....

Related

Siraman Rohani 1227151971604110546

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item