Pengertian Dan Makanan Dan Minuman Para Penghuni Neraka

Surga dan neraka merupakan dua daerah yang akan menjadi daerah kembali insan ketika hari final zaman datang. Apakah seseorang akan masuk k...

A+ A-
Surga dan neraka merupakan dua daerah yang akan menjadi daerah kembali insan ketika hari final zaman datang. Apakah seseorang akan masuk ke nirwana atau neraka ialah tergantung amal dan perbuatannya selama di dunia.

Jika seseorang mempunyai amal baik dan amal saleh yang banyak, maka ia niscaya akan mendapat keberuntungan di darul abadi dengan mendapat ganjaran berupa nirwana dengan kenikmatan di dalamnya.

Namun kalau orang tersebut mempunyai banyak dosa daripada amal baiknya, maka ia akan dimasukkan ke dalam neraka dan mendapat siksa di dalamnya. Tidak ada kenikmatan di dalam neraka tersebut, yang ada hanya siksaan yang sangat pedih sebagai ganjaran atas apa yang telah diperbuat di dunia selama hidupnya.

Neraka merupakan seburuk-buruknya daerah kembali, para penghuni neraka akan sangat tersiksa di dalamnya. Bahkan kuliner dan minuman di dalamnya pun sangat menjijikan dan menyiksa siapa pun yang memakan atau meminumnya.
 Surga dan neraka merupakan dua daerah yang akan menjadi daerah kembali insan ketika har Pengertian dan Makanan dan Minuman Para Penghuni Neraka
Ilustrasi Makanan Para Penghuni Neraka

Berikut ini ialah kuliner dan minuman para penghuni neraka berdasarkan yang mengerikan :

1. Pohon Zaqqum

Pohon ini ialah pohon yang ada di neraka. Buah dari pohon Zaqqum inilah yang akan menjadi kuliner para penghuni neraka kelak. Dalam sebuah riwayat bahkan disebutkan bahwa kalau pohon ini diletakkan di dunia, maka akan hancur bumi beserta isinya. Jika dimakan rasanya akan ibarat kuningan yang dicairkan bahkan lebih buruk.

Dalam Al-Quran, Allah menjelaskan : "Kemudian bekerjsama kau hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya." [QS. Al-Waqi'ah ayat 51-53]
Pohon dan buah Zaqqum itu diterangkan Allah dalam surat As-Saffat sebagai berikut : "(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya Kami menimbulkan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya beliau ialah sebatang pohon yang ke luar dari dasar neraka yang menyala. Mayangnya ibarat kepala syaitan-syaitan. Maka bekerjsama mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian setelah makan buah pohon zaqqum itu niscaya mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian bekerjsama daerah kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim." [QS. As-Saffat ayat 62-68]

Loading...
2. Pohon Dhari
Pohon Dhari ialah salah satu sajian kuliner para penghuni neraka. Pohon Dhari ini merupakan pohon yang mempunyai duri yang sangat keras. Apabila dimakan maka tidak akan menciptakan perut kenyang, tapi menyumbat tenggorokan.

Tidak sanggup dibayangkan bagaimana rasa sakit ketika memakan kuliner neraka yang satu ini. Allah berfirman : "Mereka tidak akan mendapat kuliner selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar." [QS. Al-Ghasiyah ayat 6-7]

3. Ghislin
Selain mendapat makanan, para penghuni neraka juga akan mendapat minuman yang menjijikan. Minuman itu ialah Ghislin, yaitu darah dan jerawat para penghuni neraka.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran : "Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) kuliner sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa." [QS. Al-Haqqah ayat 35-37]

Apakah kau sanggup membayangkan bagaimana menjijikannya minuman penghuni neraka yang satu ini? semoga kita tidak akan pernah menjumpainya.

4. Al-Hamim
Saat kepanasan, kita niscaya akan mencari air untuk diminum dengan impian tenggorokan menjadi sejuk. Namun, di neraka ada minuman yang berjulukan Al-Hamim. Yakni minuman yang sangat panas dan sanggup menghancurkan isi perut bagi siapa yang meminumnya.

"Mereka tidak mencicipi kesegaran di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah," [QS. An-Naba ayat 24-25]

Bukan kesegaran yang akan didapat, justru siksa yang akan dirasakan penghuni neraka yang meminum Al-Hamim.

5. Al-Ghassaq
Berbeda dengan Al-Hamim yang sangat panas, Al-Ghassaq merupakan minuman para penghuni neraka berupa cairan jerawat dan darah yang sangat hirau taacuh dan sangat busuk. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa apabila satu tetes dari jerawat tadi ditumpahkan di barat, busuk busuknya akan hingga kepada orang yang di timur. Sekiranya air jerawat itu dituangkan di timur, orang yang tinggal di barat akan mencium baunya.

Na'udzubillahi min dzalik, semoga kita dijauhkan dari neraka sehingga kita tidak menemui hidangan-hidangan yang mengerikan itu.

Sebelum sobat meninggalkan catatan ini, kalau merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagaikan kepada teman-teman, saudara/saudari ataupun yang lainnya baik di media umum ataupun secara eksklusif biar semua orang menjadi tahu, pintar, arif dan menambah pahala bagi sobat-sobat :-).

Loading...

Related

NEW TOP 6846209363675192668

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item