Pengertian Dan Di Kiamat Waktu Akan Terasa Singkat

- Waktu merupakan sesuatu yang tidak akan pernah lepas dari dalam kehidupan ini. Karena di dunia ini kita terikat oleh waktu, untuk itu s...

A+ A-
- Waktu merupakan sesuatu yang tidak akan pernah lepas dari dalam kehidupan ini. Karena di dunia ini kita terikat oleh waktu, untuk itu semoga tidak merugi di dunia janganlah kita menyia-nyiakan waktu.

Gunakanlah waktu sebaik mungkin dan manfaatkan waktu untuk melaksanakan hal-hal yang baik menyerupai beribadah kepada Allah, berbuat baik kepada orang lain, dan lain sebagainya.
 Waktu merupakan sesuatu yang tidak akan pernah lepas dari dalam kehidupan ini Pengertian dan Di Akhir Zaman Waktu Akan Terasa Singkat
Ilustrasi Waktu Di Akhir Zaman
Seperti yang kita ketahui, dari dulu hingga kini jumlah waktu dalam satu hari ialah sama, yakni 24 jam. Jika dihitung-hitung, 24 jam ialah waktu yang lama. Tapi di final zaman, waktu akan terasa singkat dan berjalan begitu cepat.

Sehingga tak terasa tahun demi tahun sudah terlewati. Dan nyatanya kini ini kita sudah mencicipi hal tersebut, waktu terasa berjalan sangat cepat dan begitu saja berlalu.

Bahkan waktu setahun yang kemudian masih teringat terperinci dalam benak kita, tapi nyatanya kita sudah melewati waktu setahun.

Tapi, ternyata hal ini bukanlah hal yang aneh. Sebab, Rasulullah sudah memperlihatkan info perihal keadaan ini sebelumnya. Beliau mengingatkan kita bahwa salah satu tanda kiamat ialah ketika waktu berjalan akan terasa sangat singkat.

Seperti yang disabdakan Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah : "Zaman akan berdekatan, ilmu berkurang, fitnah bermunculan, kekikiran tertanam dan al-Haraj merajalela." Seorang sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan al-Haraj?" Beliau menjawab, "Pembunuhan, pembunuhan," [HR. Bukhari dan Muslim].

Dalam hadits diatas, terdapat kalimat 'zaman akan berdekatan'. Dan berdasarkan pendapat para ulama, maksud dari 'zaman akan berdekatan' itu ialah waktu yang akan terasa sangat singkat.

Berikut ini ialah pendapat ulama perihal sabda nabi perihal 'Zaman akan berdekatan.' :

1. Sedikitnya keberkahan dalam zaman itu. Sehingga, pekerjaan yang sanggup diselesaikan dalam satu jam oleh generasi terdahulu, tidak sanggup diselesaikan oleh generasi penerus mereka walaupun dikerjakan selama berjam-jam.

Ibnu Hajar menjelaskan, "Di zaman kita ini, kita sudah mencicipi cepatnya hari berlalu yang tidak pernah kita rasakan sebelum ini."

2. Makin dekatnya jarak antara penduduk pada satu zaman, lantaran sarana transportasi, darat maupun udara, yang kian berkembang, sehingga yang jauh menjadi dekat.

3. Berjalannya waktu dengan cepat. Tanda ini akan terjadi di final zaman. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta'ala Mahakuasa memperpanjang perputaran hari maupun mempersingkatnya sesuai kehendak-Nya. Dia juga Mahakuasa mengganti malam dengan siang.

Pendapat ini dikuatkan oleh riwayat perihal Dajjal. Ketika Dajjal sudah muncul ke dunia ini, hari-hari pada ketika itu berputar. Ada hari yang lamanya menyerupai satu tahun, ada yang menyerupai satu bulan, dan ada juga yang menyerupai satu pekan. Tanda kiamat ini belum terjadi.

Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu meriwayatkan, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Hari kiamat belum akan terjadi hingga zaman (terasa) saling berdekatan. Sehingga, satu tahun terasa menyerupai satu bulan, satu bulan menyerupai satu pekan, satu pekan menyerupai satu hari, satu hari menyerupai satu jam dan satu jam menyerupai api memperabukan ujung ranting," [HR. Ahmad dan At-Tirmidizi].

Artinya, bahwa di final zaman, waktu akan terasa cepat, menyerupai kayu bakar yang menyala dan padam dengan cepat.

4. Ada pula pendapat yang mengatakan, bahwa maksud dari saling berdekatannya zaman ialah pendeknya usia.

Namun dari semua pendapat diatas, kita sendiri sudah mencicipi bahwa memang benar kalau waktu ini berjalan beitu cepat. Dan seperti waktu 1 tahun hanya menyerupai waktu 1 bulan lamanya.

Sebelum sobat meninggalkan catatan ini sobat sanggup bagikan catatan ini dengan klik media umum dibawah semoga teman-teman sobat tahu dan menambah pahala bagi sobat-sobat :-).

Related

Nuansa Islam 4409928762645647886

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item