Belajar Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Mayat Mayit Laki Laki Dan Perempuan

Sholat mayit mayit yakni ibadah sholat yang di kerjakan ketika ada orang meninggal dunia, aturan dari pelaksanaannya yakni fardhu kifayah da...

A+ A-
Sholat mayit mayit yakni ibadah sholat yang di kerjakan ketika ada orang meninggal dunia, aturan dari pelaksanaannya yakni fardhu kifayah dalam arti wajib dikerjakan meski hanya oleh satu orang dan berdosa jikalau sama sekali tidak ada yang melakukannya. Tingginya dominan umat islam indonesia kini ini, rasanya mustahil apabila ada saudara seagama yang meninggal dunia baik itu pria atau wanita hingga tega tidak melaksanakan sholat mayit dengan berjamaah, apalagi umat islam jaman kini sudah sangat pintar-pintar dalam hal agama.

Bagiorang bau tanah di wajibkan untuk mengajarkan anaknya semenjak dini biar mengenalkan sholat mayit dengan baik terutama dari sisi tata cara niat sholat jenazah dan bacaannya. Sebab meskipun intinya sama-sama di sebut sholat namun dalam pelaksanaannya berbeda dengan sholat pada umumnya yang biasa di lakukan. Perbedaan sholat mayit tersebut sanggup di pahami dari tidak terdapatnya ruku, sujud, serta tasyahud awal selesai serta tidak ada yang namanya duduk di antara dua sujud. Bahkan dari sisi bacaan pun sholat ini sangat jauh berbeda dengan sholat sunnah atau fardhu lima waktu.

Waktu pelaksanaan sholat mayit sendiri di kerjakan sehabis mayit di mandikan dan di kafani, jikalau ada saudara muslim yang meninggal dunia maka masyarakat yang ada di sekitar serta keluarganya membersihkan atau memandikan mayit tersebut, jikalau yang meninggal pria ebih utama di mandikan oleh pria lagi, begitu juga untuk perempuan. Serta memandikannya jangan lupa untuk di pimpin oleh orang yang paham terhadap tata cara memandikannya, jikalau sudah selesai eksklusif di kafani sesuai yang telah di tentukan dalam syariat agama serta eksklusif di lakukan sholat jenazah.

Sholat mayit mayit yakni ibadah sholat yang di kerjakan ketika ada orang meninggal duni Belajar Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Jenazah Mayit Laki Laki Dan Perempuan

Orang yang akan melaksanakan sholat mayit hendaklah menggunakan pakaian bersih, serta suci dari hadas kecil dan besar, atau jangan lupa untuk berwudhu terlebih dahulu. Selain itu jikalau sholat tersebut memungkinkan untuk berjamaah maka usahakan di pimpin oleh seorang imam yang paham terhadap agama menyerupai halnya ustadz atau kiyai setempat, namun jikalau sama sekali tidak ada orang maka sholat mayit di lakukan sendiri saja. Sedangkan bagi kalian yang belum paham terhadap tuntunan tata cara sholat jenazah, sanggup eksklusif simak di bawah ini.

Tata Cara Sholat Jenazah

Untuk posisi mayit yang akan di sholati, terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama namun Imam Bujairamy dalam kitab Hasyiyatul Bujairami ‘alal Khathîb mengutif bahwa untuk mayit pria di letakan penggalan kepalanya sebelah kiri imam adapun wanita dan khunsa kepalanya di letakan sebelah kanan imam. Tetapi ada juga yang sudah membiasakan meletakan posisi mayit kepalanya baik pria atau wanita di sebelah kanan imam, tidak mengapa bahu-membahu alasannya kebiasaan ini tidak ada larangan.

Adapun untuk posisi orang yang menshalati yaitu jikalau di berjamaahkan maka seorang imam posisinya berada di samping kepala mayit jikamayitnya laki-laki, sedangkan apabila mayit wanita dan khunsa posisinya di samping pantat, ketentuan ini juga berlaku kepada orang yang akan menshalati mayit secara sendiri. Memang meskipun sholat ini sanggup di bilang lebih ringkas dan seakan gampang di laksanakan, tetapi terdapat aturan-aturan yang harus di penuhi dalam pelaksanaannya dan semuanya tersebut wajib di pahami oleh setiap umat islam.

Pertama yang harus di lakukan dalam tata cara sholat mayit yaitu membaca niat dikala takbiratul ihram di lanjut dengan membaca surat fatihah, kemudian takbir di sunnahkan sambil mengangkat kedua tangan selanjutnya membaca sholawat nabi, kemudian takbir lagi kemudian membaca doa dan takbir lagi kemudian membaca doa lagi, terakhir di tutup salam. Semua pelaksanaan sholat di lakukan dengan cara berdiri.

Niat Sholat Jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala haadzal mayyitati arba'a takhbirotin fardhol kifaayati ma'muman lillahi taala

Artinya : Saya niat sholat atas mayit wanita ini empat kali takhbir fardhu kifayah alasannya menjadi ma'mun alasannya allah taala

Niat sholat Jenazah Laki-Laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa haadzalmayyiti arba'a takhbiraatin fardhol kifaayati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbit fardlu kifayah alasannya menjadi ma'mun alasannya alloh taala.

Perlu Kita ketahui bahwa niat di atas yakni jikalau kita menjadi ma'mun, maka jikalau menjadi imam maka lapadz ma'muman di ganti menjadi imaaman, menyerupai rujukan di bawah ini.

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa hadzal mayyiti arba'a takhbirotin fardhu kifayatin imaaman lillahi taala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbir fardlu kifayah menjadi imam alasannya allah ta'alaa

Niat Untuk Mayit Anak Laki-Laki

اُصَلّىْ عَلىَ هَذَا مَيِّتِ الطّفْلِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadzal mayyiti tifli arba'a takhbirotin fardhu kifayatin ma'muman/imaaman lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak pria ini empat kali takhbiran sebagai ma'mum/imam alasannya allah taalaa.

Niat Untuk Jenazah Anak Perempuan

اُصَلّىْ عَلىَ هَذِهِ مَيِّتَةِ الطّفْلَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadihil mayyitati tiflati arba'a takbirotin fardhu kifayati ma'muman/imaman lillahi ta'alaa

Artinya: Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak wanita ini empat kali takhbiran fardu kifayah sebagai ma'mum/imam alasannya allah ta'alaa.

Bacaan Shalawat Nabi

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّد

Allahumma Shalli 'alaa Muhammad

Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 3

Untuk Mayit Laki-Laki

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَهٗ وَارْحَمْهُ وَعَافِهٖ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi wa'fuanhu

Umtuk Mayit Perempuan

اللهم اغفرلها وارحمها وعافها واعفوعنها

Allahummaghfirlaha warhamha wa'afiha wa'fuanha

Artinya : Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 4

Untuk Mayit Laki-Laki

اَللّٰهُمَّ لاَتَحْرِمْنَااَجْرَهٗ وَلاَتَفْتِنَّ بَعْدَهٗ وَاغْفِرْلَنَاوَلَهٗ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrohuu walaa taftinna ba’dahuu waghfirlanaa walahuu

Untuk Mayit Perempuan

Allaahumma laa tahrimnaa ajrohaa walaa taftinna ba’dahaa waghfirlanaa walahaa

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mulai dari bacaan niat sholat mayit hingga dengan salam maka sholat tersebut selesai di lakukan dengan sempurna, tetapi alangkah lebih utama apabila eksklusif mendoakan mayit di pimpin oleh imam jikalau di berjamaahkan. Selanjutnya para jamaah jangan eksklusif pulang namun bersama-sama di anjurkan mengiringi mayit tersebut ke pemakaman hingga selesai. Mempelajari pembahasan mengenai sholat jenzah sangat penting sekali mengingat hukumnya sebagai fardhu kifayah.

Sampai disini sudah lebih dari cukup untuk memahami semua wacana niat sholat mayit serta yang lainnya, namun jikalau memang masih di rasa kurang alangkah baiknya jikalau di pelajari lebih jauh semua yang ada kaitannya dengan bacaan doa pendek tata cara niat sholat mayit sehabis mayit anak bayi laki laki dan wanita takbir ke 4, takbir ke 3, sesuai sunnah dan lain sebagainya. Tetapi di sarankan untuk memahami lebih jauh wacana hal ini, sebaiknya bertanya eksklusif kepada kiyai atau ustdz terdekat biar ilmu yang di dapatkan nanti berasal dari sumber terpercaya.

Related

Niat 2491098479277170749

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item