Belajar Wacana Allah Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu

Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ. ...

A+ A-
Oleh Himler Usman


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ
ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ.


Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

".....Tidakkah kau mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu? "(QS.Al-Baqarah :106)

Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Tetap konsisten dengan pencarian ayat-ayat al-Qur’an. Kali ini fokusnya pada ayat-ayat yang berafiliasi dengan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Kapanpun dan dimanapun seyogyanya kita jangan jumawa, ingatlah Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.




[Al Maa'idah:120]

Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya; dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Mulk:1]

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Faathir:1]

Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menyebabkan malaikat sebagai utusan-utusan yang memiliki sayap, masing-masing dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[At Taghaabun:1]

Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah lah yang memiliki semua kerajaan dan semua pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Ath Thalaaq:12]

Allah-lah yang membuat tujuh langit dan ibarat itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, semoga kau mengetahui bergotong-royong Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar mencakup segala sesuatu.

[An Nahl:77]

Dan kepunyaan Allah-lah segala apa yang tersembunyi di langit dan di bumi. Tidak ialah kejadian simpulan zaman itu, melainkan ibarat sekejap mata atau lebih cepat. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Baqarah:106]

Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. Tidakkah kau mengetahui bahwa sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?

[Al Hajj:5-7]

[5]. Hai manusia, jikalau kau dalam keraguan perihal kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menyebabkan kau dari tanah, lalu dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, lalu dari segumpal daging yang tepat kejadiannya dan yang tidak sempurna, semoga Kami jelaskan kepada kau dan Kami menetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki hingga waktu yang sudah ditentukan, lalu Kami keluarkan kau sebagai bayi, lalu kau sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kau ada yang diwafatkan dan di antara kau yang dipanjangkan umurnya hingga pikun, supaya ia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan kau lihat bumi ini kering, lalu apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan banyak sekali macam tumbuh-tumbuhan yang indah. 
[6]. Yang demikian itu, sebab sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, 
[7]. dan sesungguhnya hari simpulan zaman itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bergotong-royong Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

[An Nuur:45]

Dan Allah telah membuat semua jenis binatang dari air, maka sebagian dari binatang itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah membuat apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Baqarah:284]

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jikalau kau melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kau menyembunyikan, pasti Allah akan membuat perhitungan dengan kau perihal perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehandaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Ali 'Imran:26]

Katakanlah: "Wahai Tuhan Yang memiliki kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Ahqaaf:33]

[31]. Hai kaum kami, terimalah orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, pasti Allah akan mengampuni dosa-dosa kau dan melepaskan kau dari azab yang pedih. [32]. Dan orang yang tidak mendapatkan orang yang menyeru kepada Allah maka ia tidak akan melepaskan diri dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata." 
[33]. Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang membuat langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah sebab menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.


[Al Hadiid:2]

Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Kahfi:43-45]

[43]. Dan tidak ada bagi ia segolonganpun yang akan menolongnya selain Allah; dan sekali-kali ia tidak sanggup membela dirinya. 
[44]. Di sana pertolongan itu hanya dari Allah Yang Hak. Dia ialah sebaik-baik Pemberi pahala dan sebaik-baik Pemberi balasan. 
[45]. Dan berilah perumpamaan kepada mereka, kehidupan dunia sebagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur hasilnya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, lalu tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan ialah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Ali 'Imran:27-29]

[27]. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas)." 
[28]. Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, pasti lepaslah ia dari pertolongan Allah, kecuali sebab memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kau terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembali. 
[29]. Katakanlah: "Jika kau menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kau melahirkannya, pasti Allah mengetahui." Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


[Huud:1-4]

[1]. Alif laam raa, suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu, [2]. semoga kau tidak menyembah selain Allah. Sesungguhnya saya (Muhammad) ialah pemberi peringatan dan pembawa khabar besar hati kepadamu daripada-Nya, [3]. dan hendaklah kau meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya, pasti Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu hingga kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan menawarkan kepada tiap-tiap orang yang memiliki keutamaan keutamaannya. Jika kau berpaling, maka sesungguhnya saya takut kau akan ditimpa siksa hari kiamat. [4]. Kepada Allah-lah kembalimu dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Maa'idah:38-40]

[38]. Laki-laki yang mencuri dan wanita yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana 
[39]. Maka barangsiapa bertaubat setelah melaksanakan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah mendapatkan taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 
[40]. Tidakkah kau tahu, sesungguhnya Allah-lah yang memiliki kerajaan langit dan bumi, disiksa-Nya siapa yang dikehendaki-Nya dan diampuni-Nya bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al 'Ankabuut:19-20]

[19]. Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah membuat (manusia) dari permulaannya, lalu mengulanginya. Sesungguhnya yang demikian itu ialah gampang bagi Allah. 
[20]. Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah membuat (manusia) dari permulaannya, lalu Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Fushshilat:35-39]

[35]. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang memiliki laba yang besar.
[36]. Dan jikalau syetan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah dukungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. 
[37]. Dan di antara gejala kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kau hendak sembah. 
[38]. Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu. 
39. Dan di antara tanda-tanda-Nya (Ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, pasti ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah sanggup menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[Al Maa'idah:15-17]

[15]. Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah tiba kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kau sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah tiba kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. 
[16]. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keredhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yg lurus. 
[17]. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam." Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang sanggup menghalang-halangi kehendak Allah, jikalau Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?." Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia membuat apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Semoga bermanfa'at bagi kita semua dalam rahmah dan ridha Allah Ta'aalaa. Aamiin....

Related

Siraman Rohani 7005242009226484005

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item