Belajar Wacana Taushiyah Pagi *** Sebab-Sebab Datangnya Rezeki Kepada Insan ***

TAUSHIYAH PAGI *** Sebab-sebab Datangnya Rezeki kepada Manusia *** Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ا...

A+ A-
TAUSHIYAH PAGI
*** Sebab-sebab Datangnya Rezeki kepada Manusia ***


Oleh Himler Usman



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ


بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ


Allah Subhanallah wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

" Dialah Allah yang mengakibatkan Bumi ini gampang bagi Kamu, maka berjalanlah disegala penjuru dan makanlah sebagian dari Rizqi-NYA. Dan hanya kepada-NYA lahkamu ( kembali sesudah ) dibangkitkan ". ( QS Al Mulk : 15 )


Allah Subhanallah wa Ta'aalaa juga berfirman yang artinya :

" Dan siapa saja yang ber Taqwa pada Allah, maka baginya akan diberikan jalan keluar dan akan diberikan Rizqi yang datangnya tanpa disangka-sangka".( QS Ath Tholaq : 2-3 )


Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda yang artinya :

Siapa saja ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya maka hendaklah ia menghubungi sanak-saudaranya.” (HR. Bukhari)


Sahabat-sahabatku yg dirahmati Allah

Segala Puji bagi Allah, Rabb sekalian Alam.

Dialah yang membuat mahluk Manusia dengan melebihkan sebagian mereka terhadap yang lain dalam mendapat Rizqi.


Pada kenyataannya insan itu ada yang kaya dan ada yang miskin.
Namun perbedaan itu dimata Allah dimaksudkan sebagai cobaan; mana diantara mereka yg banyak bersyukur serta banyak amal baiknya.


Bahwa kebijaksanaan Allah dalam melebihkan sebagian insan dalam rizqi, kecantikan, ketampanan, kecerdasan, kesehatan, kekuatan, dan sebagainya merupakan manifestasi dari bentuk-bentuk kebijaksanaan-NYA yang amat tinggi dan dalam, bukan berarti yang diberikan segala-galanya itu kemudian menawarkan yang dicintai oleh Allah.

Demikian pula yang sebaliknya yang hidup serba kekurangan, bukan berarti yang diberikan cobaan, atau orang-orang yang dibenci Allah.

Bagi Allah orang yang rizqinya berlebih ( kaya ) dengan orang yang rizqi-nya berkekurangan ( miskin ) tidak ada perbedaan, sama. Kehormatan serta harga diri seseorang hakekatnya terletak pada pendapatannya dalam memperoleh taufiq, hidayah serta inayah dari Allah Subhanallah wa Ta'aalaa.


Sahabat-sahabatku

Diantara Sebab-sebab Datangnya Rezeki kepada Manusia yaitu sebagai berikut :


1. Selalu Berusaha dengan sebaik-baiknya , baik sebagai pengusaha, pegawai, pengrajin, berdagang, dan lain-lain. yang intinya sanggup menghasilkan uang.

Firman Allah : " Dialah Allah yang mengakibatkan Bumi ini gampang bagi Kamu, maka berjalanlah disegala penjuru dan makanlah sebagian dari Rizqi-NYA. Dan hanya kepada-NYA lahkamu ( kembali sesudah ) dibangkitkan ". ( QS Al Mulk : 15 )


2. Ber Taqwa dalam arti menjalankan segala perintah Allah serta menjauhi segala larangan-NYA.
Firman Allah : " Dan siapa saja yang ber Taqwa pada Allah, maka baginya akan diberikan jalan keluar dan akan diberikan Rizqi yang datangnya tanpa disangka-sangka".( QS Ath Tholaq : 2-3 )


3. Berbanyak-banyak membaca Istighfar . Yaitu memohon Ampunan kpd Allah Subhanallah wa Ta'aalaa, atas segala dosa dan kesalahan.

Firman Allah : " Mohonlah Ampunan kepada Tuhanmu, bergotong-royong ia ialah Maha Pengampun, pasti DIA akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula sungai-sungai ". ( QS Nuh : 10-12 )


4. Bertawakal kepada Allah yaitu berserah diri dan menyandarkan segala urusan kepada Allah jua, seraya mohonpertolongan atas keberhasilan untuk memperoleh Rizqi yang lapang dan halal.
Firman Allah : " Dan barang siapa ber Tawakkal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan ( keperluan)-nya ". ( QS Ath Thalaq : 3 )


5. Berdoa memohon dengan ber-zikir kerejekian , lantaran Allah ialah Dzat yang Memberi Rizqi dan Kekuatan. Berdoa dengan mendekat pada Allah ( Ber Taqarrub ).
Firman Allah : " Berdoalah kepada-KU ( Allah ) pasti AKU ( Allah ) akan mengabulkannya ".( QS Al- Mukmin: 60 )


6. Bermurah Hati serta gemar meng-Infaqkan sebagian dari harta bendanya kejalan Allah.
Firman Allah : " Dan apa saja yang engkau Infaqkan, maka Allah akan mengganti. Dan DIA-lah sebaik-baik Pemberi Rizqi ". ( QS Saba' : 39 )


7. Ber Tahmid, yaitu membaca Al-Hamdulillah ketika mendapat Rizqi atau mendapat sesuatu yang menggembirakan. Ber Tahmid ituartinya memuji dan bersyukur atas sumbangan Nikmat-NYA itu. Allah akan selalu menambah Rizqi orang-orang yang bersyukur.

Firman Allah :" Sesungguhnya jikalau kau bersyukur,pasti Kami ( Allah ), akan menambah nikmat kpdmu, dan jikalau kau mengingkari ( Nikmat-KU ), bergotong-royong Azab-KU sangat pedih " ( QS Ibrahim : 7 ).


8.Jujur dan Dapat Dipercaya merupakan Penyebab datangnya Rizqi dan Keberkahan.

Firman Allah : " Dan siapa saja yang ber Taqwa pada Allah, maka baginya akan diberikan jalan keluar dan akan diberikan Rizqi yang datangnya tanpa disangka-sangka ".( QS Ath Tholaq : 2-3 )


Perlu diketahui bahwa Taqwa kepada Allah ialah merupakan kunci utama adanya suatu kejujuran, pokoknya berkeimanan serta pangkal kepercayaan seseorang terhadap yg lain dalam muamalah ( pergaulan ) sehari-hari, sehingga dengan demikian, akan menjadi penyebab mudahnya segala urusan dan menjadi kunci pembuka terhadap datangnya suatu Rizqi.
Jadilah Manusia yang penuh manfaat, jujur, bertanggung jawab, bersyukur atas segala Nikmat-NYA, Selalu ingat pada-NYA, mendekat dengan berdzikir, dan melaksanakan segala sesuatu karena-NYA......
Semoga uraian sederhana perihal rezki ini ada manfa'atnya bagi kita dalam rahmah dan ridha Allah Ta'aalaa. Aamiin...

Related

Siraman Rohani 6888958428078823664

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item