Belajar Wacana Beberapa Manfa’At Berdzikir Bagi Kehidupan Kita

Beberapa Manfa’at Berdzikir Bagi Kehidupan Kita  Oleh Himler Usman Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :...

A+ A-
Beberapa Manfa’at Berdzikir Bagi Kehidupan Kita 

Oleh Himler Usman



Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

" Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kau dari mengingat Allah. Siapa saja yang menciptakan demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS.Al-Munafiqun: 9)


Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

" Hai sekalian orang yang mu'min ! Ingatlah allah sebanyak-banyaknya dan tasbihlah memuji allah pagi-pagi dan petang-petang" (al-ahzab : 41--42).


Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

"Orang-orang mu'min hatinya tenteram alasannya yakni mengingat Allah, ingatlah Allah, alasannya yakni dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram" (Ar Ra'd :28).


Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah 

Setidaknya ada empat manfa’at berdzikir bagi kehidupan


Dzikir yakni suatu do’a yang di miliki oleh agama Islam. Doa dzikir sendiri berbeda dengan doa-doa lainnya, dzikir menfokuskan doanya kepada Allah. Doa ini sendiri mempunyai tujuan untuk mengingat asma Tuhan Allah. Di dalam ayat Al Alquran sendiri terdapat banyak sekali ayat yg menyuruh umatnya utk mengingat-ingat selalu Asmanya termasuk ayat 9 surat Al Munafiqun.

Mengingat Allah (dzikir) dalam Islam samgat di anjurkan kepada kaum muslimin / muslimat dan dzikir tersebut itulah bentuk kasatmata dan tindakan kasatmata akan selalu mengingat asma Allah dan diberitahukan jikalau melaksanakan dzikir mendapat ridha akherat dan duniawi dari Allah. Jika muslim lalai akan berdzikir Allah tidak menyampaikan hal tersebut dosa namun kaum-kaum itulah yg merugi.

Dzikir sendiri tidak terbatas dari bacaan doa berbahasa arabnya saja namun harus lebih masuk ke dalam lagi pada relung perasaan dzikir yakni di mana titik insan yang membuang semua duduk perkara yang ada dan banyak sekali duduk perkara lainnya pikiran dan perasaan yang kosong inilah kemudian di isi dengan kebesaran Allah. Dengan demikian insan sanggup mencicipi kehadirannya.

Kesimpulannya yakni dizkir harus di lakukan secara tulus dan jujur dari dalam hati untuk Allah. Manfaat dzikir ayat ayat Allah tentu mempunyai segudang manfaat bagi kita, apa saja ?

Seperti yang sudah di ketahui dzikir mempunyai manfa’at secara tidak eksklusif maupun langsung.


Berikut yakni banyak sekali manfa’at yg didapatkan sesudah berdzikir”.

1. Menenangkan hati dan fikiran

Membuat hati dan pikiran kosong dan memfokuskan Kepada Allah tentu akan melegakan kinerja otak walaupun sebentar, cukup untuk menciptakan otak dan perasaan.
"Orang-orang mu'min hatinya tenteram alasannya yakni mengingat Allah, ingatlah Allah, alasannya yakni dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram" (Ar Ra'd :28).


2. Kemenangan dan kekuatan

Dengan mengingat nama Allah dan meminta pertolongannya secara tidak sadar kemampuan seseorang menjadi naik mungkin hal yang mustahil terjadi namun menyerupai pepatah Islam berkata apa yang terjadi maka terjadilah hal tersebut secara logika mustahil terjadi tapi bila Allah berkehendak maka terjadilah.


Hal ini sering di lakukan oleh Ali Bin abi Thalib sobat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam selalu berdzikir sebelum perang walaupun tentaranya sedikit dan tidak cukup besar lengan berkuasa namun menyerupai anda tahu Kerjaan Islam sendiri dahulunya hingga ke tanah Eropa.

3. Menjauhkan dari siksa api neraka

Dengan berdzikir menciptakan insan selalu ingat akan Allah. Kemudian tentu insan akan mengingat apa yang menjadi larangan-larangan Allah maka hal tersebut harus di jauhi. Menjadi tabiat bagi para insan yang lebih mengingat Allah ketika dalam kondisi susah dan lupa jikalau kondisi senang.


Hal ini menjadi ujian tersendiri bagi tiap diri masing-masing para muslim biar sanggup selalu ingat Asmanya dan biar tidak terjerumus di siksa api neraka. Berdzikir ini juga sanggup untuk mengakui dosa kepada Allah dan juga sebagai kawasan minta maaf bagi Allah.

4. Ketenangan Jiwa

Manusia biasanya terfokus akan hal duniawi dan terlalu melupakan kehidupan setelahnya. Manusia selalu terburu-buru dan menggebu-gebu akan hal duniawi. Dengan berdzikir akan menciptakan hal tersebut lama-lama hilang alasannya yakni di Islam duniawi bukanlah satu-satunya hal yang harus diprioritaskan untuk di kejar. 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam sendiri juga mengajarkan dzikir selalu untuk Allah kepada para umatnya alasannya yakni ia tahu betul luar biasanya apa yang di dapatkan dari berdzikir. Berdzikir sendiri lebih cocoknya di lakukan ketika menjelang magrib ke isya ataupun sesudah isya. Kita tidak perlu menyangkal bahwa kehidupan dunia itu juga penting. Maka dari itu aktivitas untuk akherat dan duniawi harus di lakukan secara seimbang.
Semoga kita termasuk hamba Allah yang selalu istiqamah dalam dzikir demi mendapat ketenangan jiwa dan menggapai kasih sayang dan ridha Allah Ta’aalaa. Aamiin…

Related

Siraman Rohani 4152894554557860086

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item