Kajian Islam - 10 Pahala Mencintai Dan Menyantuni Anak Yatim Dan Mengusap Kepala Anak Yatim.

10 pahala menyayangi,menyantuni Anak yatim dan mengusap kepala anak yatim. Sebagai Manusia tentunya kita sudah faham bahwa Agama Islam ...

A+ A-
10 pahala menyayangi,menyantuni Anak yatim dan mengusap kepala anak yatim.


Sebagai Manusia tentunya kita sudah faham bahwa Agama Islam sangat menganjurkan Manusia untuk saling membuatkan dan bersedekah khususnya bagi mereka yang sangat membutuhkan.
Hal Ini merupakan salah satu amalan yang diperintahkan eksklusif oleh Allah SWT untuk semua umat-Nya.
Salah satu penggalan untuk bersedekah yakni dengan menyantuni anak yatim yang sangat diwajibkan bagi mereka yang mampu.
Hadist Nabi Rosululloh SAW:
 “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di nirwana mirip ini”, kemudian dia Nabi shollalohu 'alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dia shollallohu 'alaihi wa sallam,serta agak merenggangkan keduanya.”
pada Momen 10 Muharram atau Asyura yang juga biasa disebut yaumul idul yatama atau hari rayanya anak yatim
ada proposal pada hari tersebut untuk menyantuni bawah umur yatim dan mengusap kepala atau rambut anak yatim serta ada balasan  atau pahala yang besar dari Alloh SWT.
baca:Doa hari Asyura 10 Muharom lengkap

dan baca juga:Doa selesai tahun dan awal tahun islam lengkap

Diterangkan Didalam kitab Fathul Bari:

ﻭﻭﺭﺩ ﻓﻲ ﻓﻀﻞ ﻣﺴﺢ ﺭﺃﺱ ﺍﻟﻴﺘﻴﻢ ﺣﺪﻳﺚ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺣﻤﺪ ﻭﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻣﺎﻣﺔ ﺑﻠﻔﻆ ﻣﻦ ﻣﺴﺢ ﺭﺃﺱ ﻳﺘﻴﻢ ﻻ ﻳﻤﺴﺤﻪ ﺍﻻ ﻟﻠﻪ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﺑﻜﻞ ﺷﻌﺮﺓ ﺗﻤﺮ ﻳﺪﻩ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺣﺴﻨﺔ ﻭﺳﻨﺪﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﻭﻷﺣﻤﺪ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺍﻥ ﺭﺟﻼ ﺷﻜﻰ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻗﺴﻮﺓ ﻗﻠﺒﻪ ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻃﻌﻢ ﺍﻟﻤﺴﻜﻴﻦ ﻭﺍﻣﺴﺢ ﺭﺃﺱ ﺍﻟﻴﺘﻴﻢ ﻭﺳﻨﺪﻩ ﺣﺴﻦ

Artinya;
Dan telah tiba hadits-hadits mengenai keutamaan mengusap kepala anak yatim yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Thabraani dari Abu Umamah dengan pernyataan "Barangsiapa mengusap kepala anak yatim yang semata-mata alasannya Alloh disetiap rambut yang ia usap, pasti Alloh berikan kebaikan.

Dalam hadits yang lain:

ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺟُﻼً ﺷَﻜَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻗَﺴْﻮَﺓَ ﻗَﻠْﺒِﻪِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺍﻣْﺴَﺢْ ﺭَﺃْﺱَ ﺍﻟْﻴَﺘِﻴﻢِ ﻭَﺃَﻃْﻌِﻢْ ﺍﻟْﻤِﺴْﻜِﻴﻦَ . ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ . ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﺭﺟﺎﻝ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ .

Artinya:
Dari Abu Hurairoh RA,bahwa seorang pria mengeluhkan hatinya yang keras kepada Nabi SAW.
Lalu dia bersabda,
Usaplah kepala anak yatim, dan berilah makan orang miskin(HR. Ahmad.).

10 pahala menyayangi,menyantuni Anak yatim dan mengusap kepala anak yatim.

Dalam kitab Tanbihul Ghofilin pada sebuah Hadits Nabi SAW:

ﻣَﻦْ ﺻَﺎﻡَ ﻳَﻮْﻡَ ﻋَﺎﺷُﻮﺭَﺍﺀَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺤَﺮَّﻡِ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺛَﻮَﺍﺏَ ﻋَﺸْﺮَﺓِ ﺁﻻﻑِ ﻣَﻠَﻚٍ ، ﻭَﻣَﻦْ ﺻَﺎﻡَ ﻳَﻮْﻡَ ﻋَﺎﺷُﻮﺭَﺍﺀَ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺤَﺮَّﻡِ ﺃُﻋْﻄِﻲَ ﺛَﻮَﺍﺏَ ﻋَﺸْﺮَﺓِ ﺁﻟَﺎﻑِ ﺣَﺎﺝٍّ ﻭَﻣُﻌْﺘَﻤِﺮٍ ﻭَﻋَﺸْﺮَﺓِ ﺁﻻﻑِ ﺷَﻬِﻴﺪٍ ، ﻭَﻣَﻦْ ﻣَﺴَﺢَ ﻳَﺪَﻩُ ﻋَﻠَﻰ ﺭَﺃْﺱِ ﻳَﺘِﻴﻢٍ ﻳَﻮْﻡَ ﻋَﺎﺷُﻮﺭَﺍﺀَ ﺭَﻓَﻊَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻟَﻪُ ﺑِﻜُﻞِّ ﺷَﻌْﺮَﺓٍ ﺩَﺭَﺟَﺔً

Artinya:
Barangsiapa yang puasa para hari Asyura (tanggal 10) bulan Muharran pasti Alloh akan menunjukkan 10ribu pahala malaikat dan pahala 10ribu pra syuhada, dan baragsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura' pasti Alloh angkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya".
Hadits ini memang tidak kuat,tetapi ulama membolehkan memilih hari untuk berinfak kebajikan.

Pengertianya adalah;
pahala yang sangat besar akan diterima bagi siapapun orang yang menyantuni anak yatim dengan hati yang ikhlas.
dengan citra kalau nirwana letaknya akan sangat erat dengan Nabi SAW dan orang orang yang menyantun anak yatim tersebut.

Berikut 10 Ulasan perihal pahala yang diterima kalau Menyantuni Anak yatim;

1.)Mendapat Pahala Setara Dengan  jihad fisabilillah.

Nabii Muhammad Rosululloh SAW  memberi jaminan kalau pahala yang bisa didapat menyantuni anak yatim setara dengan pahala orang yang sedang berjihad.
Rosululloh SAW menjelaskan menyantuni anak yatim, yakni sama halnya dengan bangkit pada waktu malam dan berpuasa di siang hari kemudian dilanjutkan denga keluar di sore serta pagi untuk jihad di jalan Alloh SWT.

2.)Mendapatkan Perlindungan di Hari Kiamat.

Pahala yang bisa didapatkan menyantuni anak yatim yakni dibebaskanya menerima azab dari Allah SWT dan dihindari dari bahaya hari kiamat.
Hal itu hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang mengasihi anak yatim,selalu berkata baik dan memaklumi kondisi anak yatim.

3.)Di Mudahkan Masuk Syurganya Alloh.

Dalam sebuah hadits dijelaskan kalau orang yang menyantuni anak yatim dengan cara memberi makan,minum dan mengasihi anak yatim,maka jaminan-Nya yakni masuk ke dalam syurga-Nya Alloh SWT.
Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk orang yang telah melaksanakan dosa besar dalam Islam semasa hidupnya.

4.)Mendapatkan Pahala yang Berlipat ganda.

Bahwa Orang yang selalu berbuat kebaikan dengan cara menyantuni anak yatim,akan menerima pahala yang sangat besar bukan hanya dalam kehidupanya didunia namun dikala di alam abadi kelak.
Firman Alloh SWT dalam Alqur'an surat An-Nisa:40;

انّاللّه لايظلم مثقال ذرَّةٍواتَكُ حسَنَةًيُضْعِفْها ويؤتِ منْ لّذُنه اجرًاعَظظِیماً

Dan kalau ada kebajikan sebesar biji zarrah pasti Alloh akan melipatgandakan dan menunjukkan dari sisiNya pahala yang  beripat ganda.

5.)Dimuliakan dan diberi kelimpahan Rezeki.

Alloh SWT juga akan menunjukkan kelimpahan rezeki dan juga kemuliaan selain bisa dilakukan dengan dzikir atau doa pembuka rezeki.
Ini juga berlaku sebaliknya dimana Alloh SWT akan menyempitkan rezeki seseorang apabila enggan uuntuk menyantuni dan memuliakan anak yatim.
Firman Alloh QS:AL-Fajr:

فَاَمَّا الانسن اذامَاابتلهُ رَبُّهٗ فاكرمهٗ ونَعَمَهٗ فيقول ربِّیٓ اكْرَمَنِ*واَمّآاذَا مَاابتلٰهُ فَقَدرَعلَیهِ رزقَهٗ فيقول ربّیٓ اَهَانَنِ.

Artinya:

Adapun insan apabila Robbnya menguji kemudian dimuliakanNya dan diberinya kesenangan maka dia berkata, ‘Tuhanku telah memuliakanku’. Adapun bila Tuhannya mengujinya kemudian membatasi rezekinya maka dia berkata, ‘Tuhanku menghinaku’.
Sekali-kali tidak (demikian), bersama-sama kau tidak memuliakan anak yatim.(surat Al-Fajr ayat 15-17).

6.)DiGolongankan dengan  Orang Beriman.

Seseorang yang menyantuni dan meyayangi anak yatim  akan dimasukan oleh Alloh SWT kedalam golongan orang -Orang yang  beriman dan bertaqwa.
Alloh SWT Berfirman;

واٰتَی المَال علی حُبِّهِ ذَوِالقُرْبٰی واليَتَمَٰی والمسٰكِینِ وَابْنی السَبيلِ والسّآ یٔلينَ  وفِی الرِّقَابِ ........واُولیٓٔك هم المتقون.

Artinya:
Dan menunjukkan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, bawah umur yatim mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.(Al Baqarah:177)

7.)Diberi Minum dari Mata Air Surga

Alloh SWT akan menunjukkan Minuman dari mata air syurga bagi mereka
Muslimin dan muslimat  yang yang berlaku baik dan menyantuni anak yatim.
Alloh SWT Berfirman;

ان الابراَر يشربون من كاْسٍ كَانَ مِزَاجْها*
عینا يسربُ بِهَا عباَدُاللّه يفَجِرُنَهَا تفجِرًا

Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebijakan minum dari gelas (Berisi minuman) yang campurnya yakni air kafur,(yaitu)mata air(dalam surga)yang daripadanya hamba-hamba Alloh minum yang merka sanggup mengalirkanya dengan sebaik - baiknya.(Al-Insan: 5-6,).

8.)Berkumpul bersama Nabi MUHAMMAD ROSULULLOH SAW Di Syurga.

Pahala berikutnya yang bisa didapat apabila menyantuni anak yatim yakni berkumpuul dengan Rosululloh SAW dikala di syurga dan hanya berjarak sebatas antara jari telunjuk dengan jari tengah saja.
Rosululloh SAW bersabda;
"Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di nirwana mirip ini"
kemudian dia sholallohu 'alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah dia shollallohu 'alaihi wa sallam,serta agak merenggangkan keduanya” (HR:Bukhori,Shohih Bukhori, Sahl bin Sa'ad As-Sa'idiy).

9.)Dipenuhi Kebutuhan Hidupnya.

Pahala berupa Dipenuhinya segala  kebutuhan hidup.
mirip dijanjikan Allah SWT Saat menyantuni anak yatim,diibaratkan mirip berinfak dan bersedekah di jalan Alloh SWT sehingga akan dipenuhi segala kebutuhan hidupnya.
Dalam sebuah Hadits diterangkan;

"Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang bau tanah yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”(HR:Al-Baniy, Shahih At Targhib,Malik Ibnu Harits)

10.)Diberkahilah Rumah yang didalamnya memelihara dan menyantuni anak yatim.

Menyayangi,Merawat dan menyantuni anak yatim akan menunjukkan banyak kelimpahan barokah untuk rumah orang yang menyantuni anak yatim tersebut. Sebab,sebaik baiknya rumah dari seorang muslim merupakan rumah orang yang selalu sayang terhadap anak yatim.

*penutup.
Demikian tadi pembahasan kami perihal 10 pahala menyayangi  dan menyantuni Anak yatim,semoga menjadi manfaat.
mengakibatkan ketukan hati saudara - saudara sekalian,bahwa Alloh SWT telah berjanji memuliakan orang yang mau memuliakan Anak Yatim.
Intinya yakni kita sebagai Umat Islam Umat Nabi Muhammad SAW, sudah seharusnya bisa menyisihkan sedikit dari harta kita untuk berinfaq,bersedakah dan berinfak dijalan Alloh SWT.
silahkan donasikan sedikit harta anda di https//www.baitijannati.id


agar kita termasuk dalam orang - orang yang menddapat syafaat Nabi Mhammad SAW aamiin ya robbal 'alamiiin

Related

Doa-Doa 6306782599759060571

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item