Pengertian Dan Tips Mencar Ilmu Yang Efektif Berdasarkan Islam

- Belajar merupakan sebuah perbuatan yang mulia, namun perbuatan yang mulia tidak akan membuahkan hasil hanya dengan berdoa saja, harus ada ...

A+ A-
- Belajar merupakan sebuah perbuatan yang mulia, namun perbuatan yang mulia tidak akan membuahkan hasil hanya dengan berdoa saja, harus ada kerja keras biar dapat memahami pelajaran yang diberikan di sekolah.

Sabda Rasulullah SAW ihwal Belajar Ilmu pendidikan Agama


عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ :  قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اَدِّبُوْا اَوْلَادَكُمْ عَلَى ثَلَاثِ خِصَالٍ : حُبِّ نَبِيِّكُمْ وَحُبِّ اَهْلِ بَيْتِهِ وَ قِرَأَةُ الْقُرْأَنِ فَإِنَّ حَمْلَةَ الْقُرْأَنُ فِيْ ظِلِّ اللهِ يَوْمَ لَا ظِلٌّ ظِلَّهُ مَعَ اَنْبِيَائِهِ وَاَصْفِيَائِهِ (رَوَاهُ الدَّيْلَمِ )

Artinya : "Dari Ali R.A. ia berkata, Rasulullah bersabda : “Didikkanlah belum dewasa kalian dengan 3 (tiga) macam kasus yaitu menyayangi Nabi kalian dan juga keluarganya serta membaca Al-Qur’an, sebab bersama-sama orang yang menjunjung tinggi Al-Qur’an, akan berada di bawah lindungan Allah SWT, diwaktu tidak ada lindungan selain lindungan-Nya bersama para Nabi dan kekasihnya” (HR Ad-Dailami)
 Belajar merupakan sebuah perbuatan yang mulia Pengertian dan Tips Belajar yang Efektif Menurut Islam
Belajar Efektif Menurut Islam

Ada beberapa Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam yang dapat memudahkan Anda dalam belajar, tips ini yaitu :

1. Berdoa sebelum belajar
Berdoa merupakan langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan aktivitas apapun itu,termasuk belajar. Berdo’alah untuk meminta fasilitas kepada Allah SWT dan biar Allah SWT meridhoi apa yang kita pelajari.

2. Belajarlah di daerah yang nyaman
Agar mencar ilmu lebih efektif dan cepat diterima oleh otak, sebaiknya aktivitas mencar ilmu dilakukan di daerah yang nyaman. Tempat yang nyaman tidak harus luas tapi daerah yang nyaman yakni daerah yang higienis dan rapi. Setiap orang memiliki konsep daerah nyaman berdasarkan versinya, jadi sesuaikan dengan diri Anda sendiri.

3. Pilih waktu yang sempurna untuk belajar
Cara Belajar Yang Efektif Menurut Islam selanjutnya yakni Waktu yang sempurna untuk mencar ilmu yakni dikala badan dalam keadaan yang sehat atau bugar. Anda dapat menentukan waktu mencar ilmu sesudah berdiri tidur di pagi hari ataupun sore hari sesudah tidur siang. Jam-jam pagi dan sore hari memang sangat cocok untuk mencar ilmu sebab suasananya yang sangat hening sehingga menciptakan Anda cepat dalam memahami.

4. Gunakan metode mencar ilmu yang sesuai
Setiap orang memiliki metode mencar ilmu yang berbeda, terapkan metode mencar ilmu yang paling cocok dengan diri Anda biar pelajaran yang akan dipelajari dapat cepat dipahami. Metode mencar ilmu yang dipakai tidak harus monoton, Anda dapat mengubah metode mencar ilmu biar tidak bosan dengan satu metode saja.

5. Belajar dengan periode waktu yang teratur
Belajar yang paling efektif yakni mencar ilmu secara teratur dengan periode waktu yang teratur pula. Jangan biasakan mencar ilmu dikala akan ada ulangan saja, tapi biasakan minimal satu jam setiap harinya untuk belajar. Belajar tidak harus dengan mengerjakan PR, sebab Anda dapat membaca ulang pelajaran yang sudah disampaikan atau membaca pelajaran yang akan disampaikan esok hari.

6. Buat catatan khusus
Untuk mempermudah Anda dalam urusan belajar, sebaiknya buatlah catatan-catatan khusus yang berisi inti dari pelajaran yang disampaikan. Rangkumlah istilah-istilah penting dalam catatan khusus yang gampang untuk dibawa. Membuat rangkuman secara tertulis dapat membantu mengingat pelajaran yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Catatan ini juga dapat dijadikan sebagai materi mencar ilmu di hari-hari berikutnya.

7. Perbanyak minum air putih dikala sedang belajar
Ketika belajar, otak akan terus bekerja dan membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Jika otak kekurangan oksigen dapat menjadikan kantuk dan pusing, hendaknya sediakan air putih yang cukup selama mencar ilmu biar menjadi sumber asupan oksigen bagi otak Anda. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga dapat menambah konsentrasi selama belajar.

Tips atau Cara Belajar yang Efektif Menurut Islam di atas dapat diterapkan untuk memahami semua jenis pelajaran. Jika memang Anda merasa lemah dalam pelajaran tertentu, sebaiknya mencar ilmu secara rutin dan lakukan berulang-ulang biar pelajaran tidak gampang terlupakan. Tidak cukup hanya dengan membaca doa mencar ilmu saja tapi harus dibarengi dengan perjuangan yang gigih dalam mencar ilmu dan menerapkan cara mencar ilmu yang paling efektif.

Sebelum sobat meninggalkan catatan ini, kalau merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagaikan kepada teman-teman, saudara/saudari ataupun yang lainnya baik di media umum ataupun secara eksklusif biar semua orang menjadi tahu, pintar, berakal dan menambah pahala bagi sobat-sobat :-).

Related

Pendidikan Islam 8623214657013299623

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item