Pengertian Dan Siapakah Ya'juj Dan Ma'juj ?

- Salah tanda akan datangnya hari simpulan zaman yaitu dengan munculnya Ya'juj dan Ma'juj, siapakah Ya'juj dan Ma'juj itu ?...

A+ A-
- Salah tanda akan datangnya hari simpulan zaman yaitu dengan munculnya Ya'juj dan Ma'juj, siapakah Ya'juj dan Ma'juj itu ? berdasarkan pendapat para ulama, Ya'juj dan Ma'juj yaitu sekelompok makhluk yang sangat banyak jumlahnya dan mereka mempunyai sifat perusak dan penghancur kehidupan di bumi.
Ilustrasi Ya'juj dan Ma'Juj
Banyak orang berspekulasi perihal Ya'juj dan Ma'juj, ada yang menganggap bahwa Ya'juj dan Ma'juj yaitu salah satu makhluk besar mirip monster, ada juga yang beranggapan bahwa Ya'juj dan Ma'juj bukan dari bangsa insan melainkan bangsa dari iblis, kemudian ada pula yang beropini bahwa Ya'juj dan Ma'juj itu yaitu alien yang menyerang bumi.

Seperti yang kita yakini bersama bahwa Ya'juj dan Ma'juj akan keluar menjelang hari simpulan zaman nanti, mereka akan berperang melawan Nabi Isa a.s dan akan dihabisi olehnya. Bahkan, kedatangan mereka sudah tertulis di dalam Al-Quran sebagai berikut :"Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh daerah yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan komitmen yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): "Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami yaitu dalam kelalaian perihal ini, bahkan kami yaitu orang-orang yang zalim"." [QS. Al-Anbya ayat 96-97]

Lalu sebetulnya siapakah Ya'juj dan Ma'juj ini? bagaimana rupa mereka dan bagaimana pula sifat mereka? berikut ini penjelasannya.

Kaprikornus sebenarnya, sosok Ya'juj dan Ma'juj ini bukanlah monster, jin, atau bahkan alien. Mereka yaitu golongan insan dan keturunan Adam mirip kita. Ibnu Katsir menunjukan bahwa mereka ini yaitu keturunan dari nabi Nuh a.s dari keturunan anaknya, Yafits yakni Magogh bin Yafits bin Nuh bin Lamik (Lamaka) bin Metusyalih bin Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qianan bin Anusy bin Syits bin Adam. Magogh inilah yang menjadi cikal bakal bangsa Ya'juj dan Ma'juj.

Meskipun mereka semua yaitu masih golongan bangsa manusia, namun mereka mempunyai ciri yang sangat khas yakni mereka mempunyai sifat perusak. Dan lagi, jumlah mereka sangatlah banyak. Bahkan di ibaratkan kalau mereka nanti turun dari tempat-tempat yang tinggi maka akan terlihat mirip air yang mengalir.

Adapun ciri fisik dari Ya'juj wa-Ma'juj yaitu mempunyai mata kecil (sipit), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya seolah-olah wajahnya mirip perisai, tidak pandai berbicara dan lain sebagainya.

Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah pernah menunjukan perihal ciri fisik Ya'juj dan Ma'jud yakni sebagaimana berikut : "Kalian menyampaikan tidak ada musuh. Padahal sesungguhnya kalian akan terus memerangi musuh hingga datangnya Ya’juj wa Ma’juj, lebar mukanya, kecil (sipit) matanya, dan ada warna putih di rambut atas. Mereka mengalir dari tempat-tempat yang tinggi, seolah-olah wajah-wajah mereka mirip perisai." [HR. Muslim]

Sebelum sobat meninggalkan catatan ini, kalau merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagaikan kepada teman-teman, saudara/saudari ataupun yang lainnya baik di media umum ataupun secara eksklusif semoga semua orang menjadi tahu, pintar, cendekia dan menambah pahala bagi sobat-sobat :-).

Related

Nuansa Islam 7295257994184765841

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item