Hukum Merayakan Ulang Tahun Dalam Agama Islam

Merayakan ulang tahun baik perorangan maupun forum intinya tidak ada dalam sunah Rosul, termasuk juga perayaan maulid, sehingga ada yang m...

A+ A-
Merayakan ulang tahun baik perorangan maupun forum intinya tidak ada dalam sunah R Hukum Merayakan Ulang Tahun Dalam Agama Islam
Merayakan ulang tahun baik perorangan maupun forum intinya tidak ada dalam sunah Rosul, termasuk juga perayaan maulid, sehingga ada yang menyampaikan bahwa perayaan ulang tahun termasuk bid'ah (kejadian yang tidak ada pada masa Rosul). Tetapi pembahasan para ulama menyampaikan walaupun bid'ah tetapi bila ada rujukannya atau petunjuk dari para ulama dapat saja dilaksanakan. Sebab tidak semua yang tidak pernah ada pada zaman Rosul itu bernilai buruk, tergantung ia punya nilai kebaikan dan kemanfaatan atau tidak. Jika baik dan bermanfaat tidak bertentangan dengan anutan agama, maka tidak ada alasan untuk mempermasalahkannya.

Contohnya ialah kendaraan beroda empat sendiri. Pada zaman Rosulullah dalam melaksanakan perjalanan jauh selalu memakai unta sebagai sarana transportasinya. Tetapi kemudian sehabis masa Nabi dan para sahabat berlalu dan kecanggihan teknologi semakin berkembang maka terciptalah kendaraan beroda empat yang sampai kini menjadi transportasi utama dalam perjalanan jauh sehabis kereta api, pesawat terbang dan jenis kendaraan lainnya; nah pertanyaannya ialah apakah kendaraan (mobil) yang kini dipakai ialah bid'ah, atau apakah kita harus selalu memakai unta sebagai sarana transportasi menyerupai pada zaman Nabi dahulu. Makara itu semua tergantung ijma' ulama membolehkan atau tidak. Dengan demikian, dilarang sembarang obral bid'ah, lantaran dapat terjerumus dalam kesalahan yang besar.

Jadi kembali lagi, selama di dalam program tersebut ada unsur-unsur kebaikan, seperti; memberikan tahni'ah (ucapan selamat) kepada sesama muslim, menjadi sarana sedekah dan bersyukur kepada Allah, dan aneka macam hal kasatmata dan mulia lainnya, maka itu semua boleh dilaksanakan lantaran dianggap tidak bertentangan dengan syari'at Islam.

Oleh lantaran itu, apabila program hari jadi, ulang tahun dan sebagainya itu membawa manfaat, contohnya disitu ada program pengajian, syukuran, tunjangan kepada anak yatim, kenapa tidak. Boleh saja. Sebaliknya, apabila didalamnya ada program yang mengandung kemusyrikan dan kemaksiatan, maka mendatangi program hari jadi tersebut ialah terlarang. Makara tergantung manfaat dan madharatnya yang ada didalamnya, itu kaedahnya. 

Namun apabila diawal sudah menduga bahwa didalam program tersebut ada program yang makruf (baik) dan ada pula yang mungkar bercampur jadi satu, maka yang diundang kalau sudah tahu di dalamnya ada kemungkaran, sebaiknya tidak perlu datang.

Related

Nuansa Islam 7371438065120470398

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item