Belajar Ihwal Ancaman Sifat Dengki Dan Dalam Menghadapi Orang Yang Pendengki

Oleh Himler Usman السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم...

A+ A-
Oleh Himler Usman




السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ
ِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ.

Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :
" Dan janganlah kau iri hati terhadap karunia yang dilebihkan Allâh kepada sebagian kau atas sebagian yang lain. (Karena) bagi pria ada pecahan dari apa yang mereka usahakan, dan bagi wanita (pun) ada pecahan dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allâh sebagian dari karunia-Nya. Sungguh Allâh Maha Mengetahui segala sesuatu." [QS.an-Nisâ’:32]

Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :
"Jika engkau memperoleh kebaikan, pasti mereka bersedih hati, tetapi bila engku menerima bencana, mereka bergembira karenaya. Jika engkau bersabar dan bertakwa, pasti kebijaksanaan amis mereka sedikit pun tidak mendatangkan kemudaratan kepadamu. Sesungguhnya Allah megetahui segala apa yg mereka kerjakan."(QS.Ali Imran:120)

Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :
"Demikianlah, dan siapa saja membalas seimbang dengan penganiaayaan yg pernah ia derita kemudian ia dianiaya (lagi), pasti Allah akan menolongnya. Sesungguhnya Allah benar2 Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."(QS.al-Hajj:60)

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya : “Kalian jangan saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi ! Janganlah sebagian kalian membeli barang yang sedang ditawar orang lain, dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allâh yang bersaudara. Seorang muslim itu ialah saudara bagi muslim yang lain, maka ia dihentikan menzhaliminya, menelantarkannya, dan menghinakannya. Takwa itu disini –beliau memberi isyarat ke dadanya tiga kali-. Cukuplah keburukan bagi seseorang bila ia menghina saudaranya yang Muslim. Setiap orang Muslim, haram darahnya, hartanya, dan kehormatannya atas muslim lainnya.” 
(HR.Muslim, Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi )

Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Sifat dengki menjadi salah satu pintu masuknya setan ke dalam hati. Karena dengki,iblis dilaknat dan dijadikan setan yg terkutuk. Allah telah mencela sifat dengki di dalam ALquran dan memberatkan siksa atas orang yg mempunyai sifat dengki. Karena, pendengki termasuk menolak takdir Allah yg Allah menetapkan atas salah satu hamba-Nya.

Dengki ialah penyakit serius.

Orang yg terserang sifat dengki indrawinya menjadi bebal. Dengki membuka matanya terhadap setiap hal kecil dan besar, dia tidak tertarik dengan apapun kecuali sirnanya nikmat ALlah dari diri orang lain. Dia tidak mendapatkan nikmat yang Allah bagikan untuknya. Dia juga tidak rela nikmat yg Allah bagikan untuk orang lain. Diantara hadis yg mengharamkan sifat dengki ialah sabda Nabi:"Tidak berkumpul di dalam hati seorang hamba dua hal, yaitu kepercayaan dan dengki."

Dengki ialah salah satu hasil dari sifat dendam, Karena seseorang yg dendam kepada orang lain, dia menginginkan sirnanya nikmat orang tersebut, mengumpatnya di majelis, berusaha mengambil kekayaannya, dan bahagia dengan kesusahan yg dideritanya.

Di antara penyebab munculnya sifat dengki adalah:

1) Permusuhan antar sesama insan krn banyak sekali sebab.
2)Kemuliaan dan keunggulan. Maksudnya, pendengki merasa 
keberatan bila orang lain mengunggulinya.
3)Bangga pada diri sendiri dan sombong, 
yaitu menghina dan memandang rendah orang lain lantaran mereka menapatkan apa yg belum didapatkannya
4)Cinta kekuasaan dan kemegahan. 
Karena, sebagian insan ingin mendepak orang yg ada di majelisd engan alasan mereka ingin duduk dan singgah di bangku yg diperebutkan oleh banyak orang.
5)Rusaknya jiwa, bahagia dg kejahatan, dan benci kebaikan.

Maka,seorang pendengki, bila orang-orang menyebut dan memuji orang selain dia, wajahnya memerah, hatinya marah, dan dia tidak yummy di majlis itu. Sedangkan bila disebut orang yang mempunyai banyak persoalan dan kesulitan, wajahnya berseri-seri dan beralih ke majelis lain untuk membuatkan info itu. Dan bahkan dia membuatkan rumor itu seakan-akan merasa belas kasihan. Ini ialah susila yang tercela dan hina.

Sifat dengki mempunyai akhir negatif yang serius, diantaranya:

1)Dengki mewariskan kemarahan antar insan danmemutus tali kasih sayang. Karena, pendengki mendengki saudaranya.
2)Membawa si pendengki berusaha menghilangkan nikmat yg diterima saudaranya dengan cara apapun, neski dengan membunuh sebagaimana terjai pada kedua anak Adam.
3)Membuat si pendengi menolak kebenaran khususnya yg tiba dari orang yg didengkinya danmembuat terusmenerus dalam kebatilan yg akan menghancurkannya sebagaimana terjadi pada iblis dikala dengki kpd Adam yg membuatnya durhaka terhadap perintah Allah, menolak untuk bersujud, dan dengki itu menyebabkannya jauh darinikmat Allah.
4)Membuat si pendengki terjerumus dalam ghibah, fitnah dan dusta yg termasuk dosa besar.
5)Membuat si pendengki melaksanakan hal-hal yg Allah haramkan dalamkaitannya dengan hakoranglain
6)Membuat si pendengki selalu dalamkegundahan ertakegelisahan dikala dia melihat nikmatAllah turunkepada hamba-Nya,sedangkan dia tidakmenginginkannya dan tidakkuasa menghentikannya.

Kejahatan orang yg dengki dpt dihindari dengan sepuluh hal, yaitu:

1)Berlindung dan kembali kepada Allah
"Sesungguhnya orang2 yg memperdebatkan wacana ayat2 Allah tanpa alasan yg hingga kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yg mereka sekali2 tiada akan mencapainya. Maka, mintalah sumbangan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat."(QS. Ghafir:56)
2) Taqwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
"Jika engkau memperoleh kebaikan, pasti mereka bersedih hati, tetapi bila engku menerima bencana, mereka bergembira karenaya. Jika engkau bersabar dan bertakwa, pasti kebijaksanaan amis mereka sedikit pun tidak mendatangkan kemudaratan kepadamu. Sesungguhnya Allah megetahui segala apa yg mereka kerjakan."(QS.Ali Imran:120)
3)Bersabar atas musuh
"Demikianlah, dan siapa saja membalas seimbang dengan penganiaayaan yg pernah ia derita kemudian ia dianiaya (lagi), pasti Allah akan menolongnya. Sesungguhnya Allah benar2 Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun."(QS.al-Hajj:60)
Jika Allah telah menjamin kemenangan bagi orang yg teraniaya, padahal dia telah membalas sesuai dengan haknya, bagaimana dengan org yg sabar dan tidak membalas? Tak ada dosa yg lebih cepat siksanya drpd dosa erbuat lalim dan memutus tali silaturahmi. Ketentuan Allah sudah pasti bahwa bila sebuah gunung berbuat lalim pada gunung yg lain, maka Allah akan mengakibatkan gunung yg lalm hancur.
4)Bertawakal kepada Allah
"Dan memberinya rezeki dari arah yg tiada disangka2nya. Dan siapa saja yg bertawakal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yg (dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah tlh mengadakan ketentuan bg tiap-tiap sesuatu."
(QS.Ath-Thalaq:3)
"Dan memberinya rezeki dari arah yang tida disangka-sangakanya. Dan siapa saja yg bertawakal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yg (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan keentuan bagi tiap2 sesuatu."(QS. ath-Thalaq:3)
5)Mengosongkan hati dari fikiran2 dengki
Hendaklah seorang hamba berniat untuk menghapus pikiran degki dikala terlintas dalam benaknya. hendaklah dia tidak mengisi hatinya dengan pikiran dengki. Ini merupakan obat yg paling ampuh dan faktor yg membantu menolak kejahatannya.
6)Menghadap dan tulus kpd Allah
Yaitu mejadikan cinta dan rida kpd-Nya sll dalam benak hatinya
"Iblis menjawab:'Demi kekuasaan Engkau, saya akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba2-Mu yg mukhlis di antara mereka."(QS. Shad 82-83)
7) Bertobat kpd Allah atas dosa yg disebbkan oleh musuh2nya.
"Dan apa saja petaka yg menimpa egkau, maka ialah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan2mu)." 
(QS. asy-Syura:30)
Seorang hamba itu tidak sanggup dikuasai oleh musuhnya kecuali dengan dosa yg diketahuinya atau dosa yg tidak diketahuinya. Dosa yg tidak diketahui itu berlipat jumlahnya daripada dosa yg diketahuinya. Dosa yg dilakukannya lebih banyak dr pd yg diingatnya. Dalam doa yg masyhur disebutkan:"Ya Allah, bekerjsama saya berlindung kepada-Mu dari berbuat syirik kepadamu yang saya tahu itu, dan saya memohon ampunan kepada-Mu dari dosa yang tidak saya ketahui."
Kebutuhan hamba meminta ampunan atas dosa yg tidak diketahui itu lebih besar daripada dosa yg diketahui. Dan, orang yg berbuat aniaya hanya sanggup menguasai org lain dg dosa.
8)Sedekah dan berbuat kebaikan semampunya.
Karena, sedekah itu membawa efek besar dalam menolak musibah, penyaki yang ditimbulkan oleh hipnotis, dan kejahatan orang dengki.
9)Memadamkan api kedengkian orang yang dengki dengan berbuat baik kepadanya. 
Ini yang paling berat dan hanya bisa dilakukan dengan pertolongan Allah."Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yg antaramu dan antara dia ada permusuhan seakan-akan telah menjadi sobat yg sangat setia.
Sifat-sifat yg baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yg mempunyai laba yang besar. Dan bila setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah sumbangan kepada ALlah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."(QS. Fushilat:34-36)
10)Kekuatan Tauhid
"Dan bila Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia Sendiri. Dan bila Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha kuasa atas tiap-tiap sesuatu."(QS.al-An'am:17)

Demikian uraian sederhana ini, smg ada manfa'atnya bagi kita semua dan berharap mudah-mudahan Allah melindungi kita dari penyakit hati spt sifat dengki yg sgt tercela dalam rahmah dan ridha-Nya. Aamiin....

Related

Siraman Rohani 524385747951434839

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item