Kajian Islam - Niat Sholat Tahajud Dan Witir Beserta Artinya Lengkap

Niat Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya Lengkap - sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling istimewa, sebab mempunyai aneka ...

A+ A-
Niat Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya Lengkap - sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling istimewa, sebab mempunyai aneka macam manfaat bagi yang menjalankanya, salah satunya yaitu impian atau doa-doa nya gampang dikabulkan oleh allah swt. namun banyak umat muslim yang belum tahu dengan tata cara sholat tahajud yang benar, maka dari itu di sini admin akan membagikan niat sholat tahajud dan witir dalam bahasa arab, latin lengkap biar gampang untuk dipahami.

Niat Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya Lengkap Kajian Islam - Niat Sholat Tahajud dan Witir Beserta Artinya Lengkap

Sholat tahajud yaitu sholat sunnat yang dikerjakan di malam hari, lebih tepatnya yaitu sepertiga malam sesudah berdiri tidur. meskipun cukup berat untuk dikerjakan, namun pahala dan karunia yang diberikan oleh allah swt untuk kita yang menjalankanya sangatlah spesial. sholat tahajud dikerjakan disepertiga malam, dimana dikala itu banyak menusia yang menentukan tidur dari pada sholat, sehingga itulah kesempatan kita untuk lebih akrab dengan allah swt. susana malam yang hening dan sunyi, menciptakan doa-doa yang kita panjatkan kepada allah swt lebih gampang di ijabah atau dikabulkan.

Kalau ada yang bertanya, sholat tahajud berapa rakaat?, jawabanya adalah, minimal dua rakaat, namun sebanyak-banyaknya tidak terbatas, artinya tidak ada batas rakaat dalam mendirikan sholat tahajud. ada juga yang berkata, bahwa semakin banyak rakaat sholat tahajud yang kita kerjakan, maka akan semakin banyak pahala yang akan kita terima. dalam karyanya yang terkenal, fiqg as-sunnah, sayyid sabiq sheikh, menguraikan perihal subjek tahajud sebagai berikut.

Suruhan untuk nabi muhammad, allah swt berfirman :
"dan pada sebagian malam hari, sembahyang tahajudlah kau sebagaimana ibadah suplemen bagimu, mudah-mudahan tuhan-mu mengangkat kau ketempat yang terpuji (al-Isra' 17:79).

Baca Juga : Niat Sholat Subuh dan Tata Caranya Lengkap

Niat Sholat Tahajud dan Witir

Niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
artinya : saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah tahajjud dua raka’at semata-mata sebab allah ta’ala.

Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud

1. Niat, sanggup baca secara ekspresi atau diucapkan atau dalam hati.
2. Takbiratul ihram sembari mengangkat kedua tangan menyerupai sholat yang biasa kita lakukan.
3. Membaca doa iftitah.
4. Kemudian membaca surat al-fatihah.
5. Membaca satu surat pendek, menyerupai an-nas, al-ikhlas dan lan sebagainya.
6. Selanjutnya silahkan ruku', sujud menyerupai rakaat pertama pada sholat yang biasa dikerjakan.
7. Silahkan berdiri dan kembali berdiri tegak besedekap sambil mengucap allahhu akbar.
8. Untuk rakaat kedua atau terakhir ini lakukan menyerupai sholat pada biasanya, yaitu membaca tasyahhud final dan diakhiri dengan salam.
Kemudian selesai melakukan sholat tahajud, lalu silahkan lanjut untuk mendirikan sholat witir, sanggup 3 rakaat ataupun 1 rakaat, terserah anda pilih yang mana.

Niat dan Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat

1. Niat Sholat Witir
- Niat sholat witir satu rakaat
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى
usholli sunnatal witri rok’atan lillahi ta’aalaa.
artinya: saya niat sholat sunnah witir satu rakaat sebab allah ta’ala.'

- Niat sholat witir 2 rakaat
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى
usholli sunnatal witri rok’ataini lillahi ta’aalaa
artinya: saya niat sholat sunnah witir dua rakaat sebab allah ta’ala

- Niat sholat witir 3 rakaat
أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى
usholli sunnatal witri tslatsa roka’aatin lillahi ta’aalaa
artinya: saya niat sholat sunnah witir tiga rakaat sebab allah ta’ala

Setelah salam atau selesai mengerjakan sholat tahajud dan witir, disunahkan untuk membaca wirid, takbir, sholawat, istigfar dan doa sholat tahajud biar sholat yang kita jalankan menjadi semakin sempurna.

Demikian yaitu niat sholat tahajud dan witir yang sanggup admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda semua. mari tingkatkan amal dan taqwa kita kepada allah swt dengan menjalankan segala perintahnya, dan mudah-mudahan amal dan ibadah kita nantinya sanggup diterima oleh allah swt, amin.

Related

Sholat 4372787101918129911

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item