Kajian Islam - Niat Puasa Asyura Tasu A,Lengkap Beserta Artinya۔Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a.

Niat Puasa Asyura Tasu a,Lengkap beserta artinya۔Niat puasa asyura dan tasu'a. Tahun gres Hijriyah sebentar lagi akan kita jelang ada ...

A+ A-
Niat Puasa Asyura Tasu a,Lengkap beserta artinya۔Niat puasa asyura dan tasu'a.

Tahun gres Hijriyah sebentar lagi akan kita jelang ada banyak keutamaan di bulan muharram dan sejarah para Nabi yang terjadi di bulan Muharram.
Bulan Muharram sendiri merupakan salah satu dari empat bulan yang mulia dalam kalender Hijriyah selain Dzulqa'dah,Dzulhijjah,dan Rajab. Di bulan-bulan tersebut insan dihentikan menzalimi diri sendiri dan melalukan perbuatan dosa.
Diantara Amalan yang dianjurkan dibulan muharram yaitu kita disunahkan untuk menunaikan puasa sunah tasu'a dan Asyura (hari ke sembilan dan sepuluh) di bulan muharram dan bersedekah.
baca juga:10 pahala menyatuni,menyayangi anak yatim
Dan sebagai Muslim seyogyanya kita memperingati Tahun Baru Islam,atau memulyakan bulan muharam dengan melakukan puasa Asyura dan tasu a,atau dengan cara lain sebagai bentuk rasa syukur dan perjuangan kita Taqorub illalloh (mendekatkan diri kepada Aloh SWT).

Berikut akan kami ulas semampu kami perihal bacaan niat puasa asyura lengkap dalam goresan pena arab latin beserta artinya,pengertian puasa tasu a dan asyura,tata cara puasa asyura lengkap.

Puasa asyura yaitu puasa yang dilaksanakan pada tanggal 10 bulan muharram,dan puasa tasu'a yaitu puasa yang dikerjakan pada hari ke 9 di bulan muharram di tahun gres hijryah.
Tahun gres hijriyah sebentar lagi datang kita akan memasuki awal tahun gres islam atau biasa kita sebut tahun gres Hijriyah.
Untuk menandakan rasa syukur atas nikmat besar dan karunia yang telah Alloh berikan kepada kita semua yang masih diberikan kesempatan untuk beranjak ke tahun berikutnya,mari kita muliakanTahun gres Islam dan bulan muharram dengan berpuasa tasu a dan asyura serta berdoa ahir tahun dan awal tahun.
Baca:Doa Awal Tahun dan final Tahun Hijriyah
agar kita semua di berikan keberkahan panjang umur,rezeki dan yang paling utama mudah-mudahan diberikan keistiqomahan dalam beribadah kepada Alloh SWT ditetapkan kepercayaan Islam amin ya robbal 'alamiin.

Bulan Muharram termasuk Ramadan bulan yang sangat di istimewakan dalam islam yang pada bulan muharram ini di dalamnya terkandung makna yang besar.
Seluruh umat islam didunia merayakannya awal tahun hijriyah menyambut peringatan tahun gres islam pada setiap tahunnya,secara umum Umat Islam merayakan Tahun gres Hijriyah dengan mengadakan pengajian,istighosah,santunan kepada anak yatim,puasa asyura dan tasu'a,sholawat dan kegiatan-kegiatan lainya yang bermanfaat,yang mengandung makna mendekatkan diri kepada Alloh SWT,bermutaba'ah kepada Junjungan Rosululloh SAW.
Dan salah satu yang terkenal dikalangan masyarakat Islam yaitu dengan melakukan ibadah puasa sunnah pada tanggal sembilan dan sepuluh muharram,puasa itu di sebut puasa tasu'a dan puasa asyura,dan akan lebih baik lagi jikalau berpuasa dari awal tanggal satu muharram hingga dengan tanggal sepuluh.
ada banyak hikmah pada tanggal sepuluh,diambil dari sejarah para Nabi dan sahabat yang terjadi pada bulan muharram pada tanggal ke sepuluh,asyura.
yaitu  mendaratnya kapal nabi Nuh dari banjir bandang yang melanda,selamatnya Nabi Musa dari kaum Bani israil dari kejaran musuh, kemudian nabi Musa As berpuasa pada tanggal sepuluh muharram sebagai rasa syukur kepada Alloh SWT.
Begitu juga baginda Nabi besar Muhammad SAW melakukan puasa pada tanggal sepuluh di bulan muharram.

dan dianjurkan untuk kita untuk berpuasa pada tanggal sepuluh muharram atau puasa asyura,
Di bawah ini kami tuliskan bacaan niat puasa asyura:

Niat Puasa Tasu'a :

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡَ ﺗَﺎﺳُﻌَﺎﺀ ﺳُﻨَّﺔ للّه ﺗَﻌَﺎﻟﻰ

Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala

Artinya:
Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah sebab Allah ta’ala

Niat Lafadz Puasa Asyura :

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺻَﻮْﻡ ﻋﺸﺮﺳُﻨَّﺔ ﻟﻠﻪ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ

Nawaitu sauma Asyuro sunnatal lillahita’ala

Artinya:

Saya niat puasa hari asyura sunnah sebab Allah ta’ala.

Utuk tata cara puasa tasu a dan asyura yaitu menyerupai puasa-puasa sunah yang lain atau sebagaimana kita melakukan puasa-puasa sperti biasa tidak ada ketentuan yang di khususkan yang menjadi pembeda yaitu Niat puasanya.
Demikianlah sekilas pembahasan perihal Niat puasa tasu a dan asyura lengkap dengan arti,yang bisa kami sajikan untuk pembaca sekalian.
agar bermanfaat.
baca juga:Doa Hari Asyura 10 Muharam lengkap.
selamat tahun gres Islam

Related

Doa-Doa 3625038451449547238

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item