Kajian Islam - Keutamaan Fadillah Membaca Sholawat Nabi Dan Sholawat Nariyah

Dengan masuknya Bulan Maulid atau dalam bahasa arab disebut bulan Rabiul Awal yang mempunyai banyak sekali keutamaan yang lebih diantara bu...

A+ A-
Dengan masuknya
Bulan Maulid atau dalam bahasa arab disebut bulan Rabiul Awal yang mempunyai banyak sekali keutamaan yang lebih diantara bulan- bulan  lainya,
Bulan Rabiul Awwal lebih dikenal dikalangan Muslim Indonesia dengan  nama Bulan Maulid.
Maulid sendiri  mempunyai arti(hari kelahiran) Nabi Muhammad SAW.
 dalam kaitan datangnya Bulan Robi`ul Awal atau Bulan Maulid, kali ini saya akan sedikit mengupas perihal keutamaan membaca sholawat Nabi serta fadillah sholawat Nariyah.
Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu ibadah yang sangat agung,Ia termasuk dalam amalan-amalan ringan yang sangat besar pahala dan keutamaannya.
 Bersholawat Atas Nabi shallallahu alaihi wasallam dengan baik dan benar juga merupakan bukti kecintaan kita terhadap Baginda Nabi shalallahu alihi wasalam.

Berikut ini kami akan sebutkan beberapa keutamaan bersholawat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

Brangsiapa bersholawat kepada Nabi Muhammad satu kali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali sholawat.
Hal ini menurut hadits shohih berikut ini:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻲَّ ﺻَﻠَﺎﺓً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻋَﺸْﺮًﺍ

"Barangsiapa yang mengucapkan sholawat kepadaku satu kali, maka Allah mengucapkan sholawat kepadanya 10 kali." (HR. Muslim no. 408)

Bersholawat kepada Nabi SAW satu kali akan menghapuskan 10 kesalahan dan meninggikan 10 derajat.
Hal ini menurut hadits shohih berikut ini:

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻲَّ ﺻَﻠَﺎﺓً ﻭَﺍﺣِﺪَﺓً ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻋَﺸْﺮَ ﺻَﻠَﻮَﺍﺕٍ ﻭَﺣُﻄَّﺖْ ﻋَﻨْﻪُ ﻋَﺸْﺮُ ﺧَﻄَﻴَﺎﺕٍ ﻭَﺭُﻓِﻌَﺖْ ﻟَﻪُ ﻋَﺸْﺮُ ﺩَﺭَﺟَﺎﺕٍ

"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Allah bersholawat kepadanya 10 kali shalawat, dihapuskan darinya 10 kesalahan, dan ditinggikan baginya 10 derajat."
 (HR. an-Nasa’i, III/50 dan dinyatakan Shohih oleh Syaikh al-Albani).

Barangsiapa bersholawat kepada Nabi sepuluh kali di pagi hari dan sepuluh kali di sore hari, maka ia berhak mendapat syafa’at Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam pada
hari kiamat.
Hal ini menurut hadits shohih berikut ini:

Dari Abu Ad-Darda Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﻣَﻦْ ﺻَﻠَّﻰ ﻋَﻠَﻲَّ ﺣِﻴﻦَ ﻳُﺼْﺒِﺢُ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻭَﺣِﻴﻦَ ﻳُﻤْﺴِﻲ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﺃَﺩْﺭَﻛَﺘْﻪُ ﺷَﻔَﺎﻋَﺘِﻲ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat."
 (HR. ath-Thabrani dan dinyatakan Basan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahihul Jami’).

Bersholawat kepada Nabi Muhammad merupakan salah satu lantaran terkabulnya doa.

Hal ini menurut hadits shohih berikut ini:

Dari Anas bin Malik Radhiyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ﻛُﻞُّ ﺩُﻋَﺎﺀٍ ﻣَﺤْﺠُﻮﺏٌ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﺼَﻠِّﻲ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ

"Setiap doa tertutup (terhalang dari pengabulannya) sampai ia bershalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam."
 (HR. ad-Dailami dan dinyatakan Hasan oleh Syaikh al-Albani).
Dan juga Berdasarkan hadits Fadholah bin ‘Ubaid Radhiyallaahu ‘anhu,ia berkata:
 "Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam mendengar seorang pria berdoa dalam shalatnya kemudian tidak bershalawat kepada Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. Maka dia bersabda, "Orang ini tergesa-gesa." Kemudian dia memanggil dan berkata kepadanya:

ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَّﻰ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻓَﻠْﻴَﺒْﺪَﺃْ ﺑِﺘَﺤْﻤِﻴﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺍﻟﺜَّﻨﺎﺀِ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺛُﻢَّ ﻟْﻴَﺼَﻞِّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺛُﻢَّ ﻟْﻴَﺪْﻉُ ﺑِﻤَﺎ ﺷَﺎﺀَ

"Apabila salah seorang dari kalian berdoa, maka hendaklah dia memulainya dengan memuji Allah dan mengagungkan-Nya, kemudian bershalawatlah kepada Nabi, kemudian berdoa lah dengan apa yang dia kehendaki."
(HR. at-Tirmidzi, Abu Dawud, an-Nasa’i, dan dinyatakan Shohih oleh Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i dalam al-Jami’ ash-Shahih, II/124).

Barangsiapa bersholawat kepada Nabi Muhammad, berarti ia telah melakukan perintah Allah ta’ala di dalam firman-Nya:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﻣَﻠَﺎﺋِﻜَﺘَﻪُ ﻳُﺼَﻠُّﻮﻥَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻳَﺎﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺀَﺍﻣَﻨُﻮﺍ ﺻَﻠُّﻮﺍ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻤُﻮﺍ ﺗَﺴْﻠِﻴﻤًﺎ

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya"
. (QS. Al-Ahzab: 56)

Makna sholawat Allah kepada Nabi dan hamba-Nya ialah kebanggaan dan sanjungan Allah kepadanya di hadapan para malaikat yang mulia yang berada di sisi-Nya. Sedangkan makna sholawat Para malaikat kepada Nabi dan orang-orang yang beriman ialah Doa.
 Maksudnya para malaikat mendoakan kebaikan dan memohonkan ampunan kepada Allah bagi Nabi shallallahu alai wasallam dan kaum mukminin.

Bersholawat kepada Nabi dengan membaca halawat Nariyah atau Shalawat Tafrijiyah,mempunyai fadillah atau Khasiat tersendiri. Shalawat Nariyah atau Shalawat Tafrijiyah - Salah satu shalawat yang sangat populer dan banyak diamalkan oleh umat islam yakni shalawat Tafrijiyah.


Berikut yakni keutamaan atau fadillah dan bacaan Sholawat Nariyah:

1. Jika dibaca 41 kali, 100 kali, atau lebih, maka Allah akan membebaskannya dari aneka macam macam kesulitan, kesusahan, dan kesedihan.

2. Jika dibaca 4444 kali, maka apa yang jadi hajatnya akan Allah kabulkan.

3. Jika dibaca 11 kali secara rutin/istiqomah setiap hari, maka rizkinya seperti turun dari langit secara langsung.

4. Jika dibaca setiap final shalat fardhu 11 kali, dan istiqomah dalam membacanya, maka rizkinya akan selalu ada/tidak pernah terputus, derajatnya akan ditinggikan, dan dia akan diberi kekuasaan yang mencukupi.

5. Jika dibaca 313 kali, maka dia akan mendapat anugerah yang tidak sanggup disifati oleh andal sifat, tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh indera pendengaran dan tidak pernah teringinkan oleh hati.

Bacaan dan Arti Sholawat Nariyah:

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﺻَﻼَﺓً ﻛَﺎﻣِﻠَﺔً ﻭَﺳَﻠِّﻢْ ﺳَﻼَﻣﺎً ﺗَﺎﻣًّﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺗَﻨْﺤَﻞُّ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻌُﻘَﺪُ ﻭَﺗَﻨْﻔَﺮِﺝُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﻤﻜُﺮَﺏُ ﻭَﺗُﻘْﻀَﻰ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺤَﻮَﺍﺋِﺞُ ﻭَﺗُﻨَﺎﻝُ ﺑِﻪِ ﺍﻟﺮَّﻏَﺎﺋِﺐُ ﻭَﺣُﺴْﻦُ ﺍﻟْﺨَﻮَﺍﺗِﻢِ ﻭَﻳُﺴْﺘَﺴْﻘَﻰ ﺍﻟْﻐَﻤَﺎﻡُ ﺑِﻮَﺟْﻬِﻪِ ﺍﻟْﻜَﺮِﻳﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰ ﺁﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﻟَﻤْﺤَﺔٍ ﻭَﻧَﻔَﺲٍ ﺑِﻌَﺪَﺩِ ﻛُﻞِّ ﻣَﻌْﻠُﻮﻡٍ ﻟَﻚَ

Artinya :
Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang tepat dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan lantaran dia semua kesulitan sanggup terpecahkan, semua kesusahan sanggup dilenyapkan, semua keperluan sanggup terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah sanggup diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan biar terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

  Sumber Buku:(kitab Khozinatul asror)

Demikian sekilas perihal Keutamaan Bulan Robiul Awal atau Maulud
dan keutamaan serta fadillah membaca Sholawat Atas Nabi.
biar sanggup menambah kecintaan kita terhadap Beliau Nabi Agung Muhammad salallahu `alaihi wasalam.

Related

Doa-Doa 2758000252673131748

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item