Pengertian Dan Dongeng Nabi Ishaq A.S

Ilustrasi Kisah Nabi Ishaq A.S - Nabi Ishaq ialah putera nabi Ibrahim dari isterinya Sarah, sedang Nabi Ismail ialah puteranya dari Haj...

A+ A-
 Nabi Ishaq ialah putera nabi Ibrahim dari isterinya Sarah Pengertian dan Kisah Nabi Ishaq A.S
Ilustrasi Kisah Nabi Ishaq A.S
- Nabi Ishaq ialah putera nabi Ibrahim dari isterinya Sarah, sedang Nabi Ismail ialah puteranya dari Hajar, dayang yang diterimanya sebagai hadiah dari Raja Namrud.

Tentang Nabi Ishaq ini tidak dikisahkan dalam Al-Quran kecuali dalam beberapa ayat di antaranya ialah ayat 69 hingga 74 dari surah Hud, menyerupai berikut :
"Dan bekerjsama utusan-utusan Kami {malaikat-malaikat} telah tiba kepada Ibrahim membawa kabar bangga mereka mengucapkan "selamat".

Ibrahim menjawab : "Selamatlah" maka tidak usang kemudian Ibrahim menjamukan daging anak sapi yang dipanggang. 70. Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang asing perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka.

Malaikat itu berkata : "Jangan kau takut bekerjsama kami ialah {malaikat-malaikat} yang diuts untuk kaum Luth." 71. dan isterinya bangun di sampingnya kemudian beliau tersenyum. Maka Kami sampaikan kepadanya informasi bangga akan {kelahiran} Ishaq dan setelah Ishaq {lahir pula} Ya'qup. 72.

Isterinya berkata : "sungguh mengherankan apakah saya akan melahirkan anak padahal saya ialah seorang wanita renta dan suamiku pun dalam keadaan yang sudah renta juga? Sesungguhnya ini benar-benar sesuatu yang aneh. 73.

Para malaikat itu berkata : "Apakah kau merasa heran wacana ketetapan Allah? { itu adalah} rahmat Allah dan keberkatan-Nya dicurahkan atas kau hai ahlulbait! bekerjsama Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah. 74. Maka tatkala rasa takut hilang dari Ibrahim dan informasi bangga telah tiba kepadanya beliau pun bersoal jawab dengan {malaikat-malaikat} Kami wacana kaum Luth." { Hud : 69 74 }

Selain ayat-ayat yang tersebut di atas yang membawa informasi akan lahirnya Nabi Ishaq daripada kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia yang berdasarkan sementara riwayat bahwa usianya pada waktu itu sudah mencapai sembilan puluh tahun, terdapat beberapa ayat yang tetapkan kenabiannya di antaranya ialah ayat 49 surah "Maryam" sebagai berikut:
"Maka dikala Ibrahim sudah menjauhkan diri dari mereka dan dari apa yang mereka sembah selain Allah Kami anugerahkan kepadanya Ishaq dan Ya'qup. Dan masing-masingnya Kami angkat menjadi nabi."

Dan ayat 112 dan 113 surah "Ash-Shaffaat" sebagai berikut :
"112. Dan Kami beliau khabar bangga dengan {kelahiran} Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang soleh. 113. Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq. Dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada {pula} yang zalim terhadap dirinya dengan nyata."

Catatan Tambahan

Diriwayatkan bahwa Nabi Ibrahim wafat pada usia 175 tahun. Nabi Ismail pada usia 137 tahun dan Nabi Ishaq pada usia 180 tahun.

Baca Juga ( Nama 25 Nabi Dan Rasul Yang Wajib Diketahui )


Sebelum sobat meninggalkan catatan ini, bila merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagaikan kepada teman-teman, saudara/saudari ataupun yang lainnya baik di media umum ataupun secara eksklusif biar semua orang menjadi tahu, pintar, berakal dan menambah pahala bagi sobat-sobat :-).

Related

NEW TOP 5878694026978338584

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item