Belajar Perihal Muhasabah Untuk Memahami Hakikat Kehidupan

Muhasabah untuk Memahami Hakikat Kehidupan  Oleh Himler Usman سْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ السَّلاَم...

A+ A-
Muhasabah untuk Memahami Hakikat Kehidupan 

Oleh Himler Usman

سْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتهُ


Allah Subhanahu wa Ta'aalaa berfirman yang artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kau kerjakan" (QS.Al-Hasyr (59):18).

Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda yg artinya : 
"Orang yang terpelajar ialah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta bersedekah untuk kehidupan sehabis kematian. Sedangkan orang yang lemah ialah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah Subhanahu wa Ta'aalaa ". (HR. Imam at-Turmudzi).


Sahabat-sahabatku yang dirahmati Allah

Melalui Taushiyah Malam Jum'at ini, saya mengajak para sahabat untuk bermuhasabah, yakni mengevaluasi diri. Marilah kita kembali melaksanakan penilaian diri, melaksanakan muhasabah, menghitung kembali terhadap apa yang sudah kita lakukan.

Dengan kesadaran melaksanakan muhasabah, maka akan memunculkan dorongan biar kita senantiasa dapat berusaha untuk menyempurnakan, memperbaiki, dan menambah amal ibadah dan kebaikan yang sudah kita lakukan.

Yang harus senantiasa kita penilaian ialah sejauh mana kita bertaqwa kepada Allah. Dalam arti lain, sejauh mana kesungguhan kita dalam menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.


Pada dasarnya, kunci dan modal utama mendapat kebahagiaan yang hakiki ialah imtitsalu awaamirihi wa ijtinabu nawahihi. Itulah yang disebut ketakwaan, melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Sebaliknya, bahwa mengabaikan terhadap apa yang diperintahkan oleh Allah, tidak memedulikan perintah Allah, dan justru melaksanakan apa yang dihentikan oleh Allah, ialah awal dari malapetaka dalam kehidupan kita ini. Maka dari itu, mengevaluasi diri terhadap segala hal yang telah kita lakukan ialah menjadi bab yang penting dalam kehidupan kita ini.

Sahabat-sahabatku...

Dalam hidup ini, sebenarnya panduan yang diberikan Allah itu sudah betul lengkap. Kita diharuskan oleh Allah untuk memahami kehidupan ini dengan benar, memiliki paradigma kebenaran yang kukuh, dan memiliki pemahaman hakikat dalam kehidupan ini dengan benar dalam segala halnya.

Kesalahan paradigma akan menjadi sesuatu yang fatal di dalam menjalani kehidupan ini. Ketika orang bertanya, “Sesungguhnya kehidupan ini apa? Dunia ini apa?”, maka hendaknya diikuti dengan pencarian jawabannya untuk menemukan paradigma yang benar dalam kehidupan.

Pertanyaan yang paling fundamental ini harus dipahami oleh setiap orang dengan pemahaman yang betul-betul benar. Ketika orang salah memahami dan salah memperlihatkan tanggapan terhadap pertanyaan yang sangat fundamental ini, maka tentu akan menjadi kesalahan-kesalahan runtut berikutnya.

Al-Quran memperlihatkan konsep “ad-dunya” sebagai sesuatu yang dapat dikatakan dan dipahami mazroah al-akhirah, yaitu sesuatu yang dekat, yang hina, yang adna, yang rendah. Artinya, ada sesuatu yang lebih tinggi dari kehidupan yang kita lakoni di dunia kini ini.

Ketika orang memahami bahwa kehidupan ini ialah sesuatu yang dipakai sekadar untuk bersenang-senang, maka tentu beliau akan memfilosofikan hidup bahwa kehidupan itu ialah kesenangan. Sungguh, itu ialah paradigma yang tidak tepat bahkan dapat jadi melenceng jauh.

Agama Islam telah memperlihatkan penataan pada kehidupan bahwa kehidupan ini ialah sebuah perjalanan yang pada hasilnya akan hingga pada titik akhir. Pada titik simpulan itulah yang akan menjadi penentu, yang seseorang itu akan mendapat prestasi dalam hidup ini atau justru malah kenistaan. Prestasi ialah kebahagiaan dan kenistaan ialah hal yang mencelakakan.

Semoga goresan pena sederhana perihal muhasabah diri untuk memahami hakikat kehidupan di atas ada manfa’atnya dalam menggapai rahmah dan ridha Allah Ta’aalaa. Aamiin..

Related

Siraman Rohani 8266520597122361154

Hot in week

Recent

TOP

Adab dalam Islam Adzan Ajian Semar Mesem Ajian Semar Mesem Jarak Jauh Ajian Semar Mesem Jaran Gorang Ajian Semar Mesem Tanpa Puasa Akhir Zaman Akhlak Tasawuf Amalan AMALAN DAN AJIAN Aplikasi Islami Aqiqah AZIMAT Bahasa Indonesia Bisnis Online BULU PERINDU Cara Menggunakan Semar Mesem CARA MUDAH Doa Doa Anak Sholeh Doa Bahasa Arab DOA DAN AMALAN Doa Enteng Rezeki Doa Kehamilan Doa Para Nabi DOA PEMIKAT HATI WANITA Doa Sehari-hari Doa Selamat Doa Sholat Doa Suami Istri Doa Tolak Bala Doa-Doa Doa-doa Khusus Fatwa MUI Fiqih Hadis Pendidikan Hadits Haji Hukum Islam Ibadah Muslim Ilmu Pendidikan Informasi Islam Iqomah Kajian Islam Kata Bijak KEJAWEN Keris Semar Mesem Kesehatan Islami Kewajiban Muslim Kisah Nabi Kisah Para Nabi Kumpulan Do'a Kumpulan Do'a Manajemen Pendidikan Manajemen SDM Pendidikan Islam (Pasca Sarjana) Mantra Semar Mesem Masail Fiqhiyah Masjid Metodologi Penelitian Kuantitatif (Pasca Sarjana) Metodologi Studi Islam (MSI) Motivasi Muslimah Naishaihul Ibad NEW TOP Niat Nuansa Islam PAGAR NUSA Pascasarjana (Metodologi Studi Islam) Pascasarjana (Studi Materi PAI ) pelet PELET AMPUH PENAGKAL PENCAK SILAT Pendidikan Islam Pendidikan Kewarganegaraan PENGASIHAN Pengembangan Kurikulum pengertian PENGLARIS Perbandingan Madzab Pernikahan Islam Psikologi Perkembangan Psikologi Umum Puasa Puisi Qunut RAJAH Ramadhan Renungan Sejarah Islam Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia Sejarah Peradaban Islam Semar Mesem Shalat Shalat Sunat Sholat Sholat Ashar Sholat Dzuhur Sholat Isya Sholat Magrib Sholat Subuh Siraman Rohani Slider Sosial Studi Fiqih Study Materi Aqidah Akhlak Subhanallah Sunat Sunnah Surat Al-Qur'an Tafsir Al Quran Tafsir Al-Qur’an dan Hadits Tarbawi (Pasca Sarjana) Tahukah Kamu? Tanya-Jawab Tasbih Thaharah ULAMA KITA Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Umat Muslim Ushul Fiqh Wajib Zakat Zakat - Amal - Sedekah
item